Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[ANBK 2021] Contoh Administrasi Penting dan Wajib Pelaksanaan ANBK [Asesmen Nasional]

[ANBK 2021] Contoh Administrasi Penting dan Wajib Pelaksanaan ANBK [Asesmen Nasional]



Dasar Pelaksanaan ANBK 2021

Hasil PISA (Programme for International Student Assessment) menunjukkan bahwa kemampuan belajar siswa (literasi) pada pendidikan dasar dan menengah kurang memadai. Pada tahun  2018, sekitar 70% siswa memiliki kompetensi literasi membaca di bawah minimum bahkan sampai pada urutan kedua dari bawah dari seluruh negara. Sama halnya dengan keterampilan Matematika dan Sains, menunjukkan bahwa 71% siswa berada di bawah kompetensi minimum (AKM) untuk Matematika dan 60% siswa di bawah kompetensi minimum (AKM) untuk keterampilan Sains. Skor PISA Indonesia stagnan dalam 10-15 tahun terakhir. Kondisi ini  menyebabkan Indonesia menjadi salah satu negara yang konsisten dengan peringkat hasil  PISA yang terendah. Oleh karena itu perlu dilaksanakan ANBK-AKM untuk memetakan kembali mutu pendidikan berskala nasional.

Menanggapi kondisi tersebut, reformasi asesmen perlu dilaksanakan untuk  mendongkrak peningkatan kualitas pembelajaran. Pemetaan mutu pendidikan secara menyeluruh dibutuhkan.  Pada tahun 2021 ini, Asesmen Nasional (AN) akan resmi diterapkan oleh Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan. Kebijakan ini ditetapkan berdasarkan hasil koordinasi  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan sejumlah dinas dan lembaga terkait.

Dalam hal ini, AN diterapkan untuk mengevaluasi kinerja dan mutu sistem pendidikan.  Nantinya, hasil Asesmen Nasional tidak memiliki konsekuensi apapun pada pencapaian proses  belajar siswa namun memberikan umpan balik untuk tindak lanjut pembelajaran dan  kompetensi siswa.

 

Tujuan

Asesmen Nasional yang selanjutnya disingkat AN adalah evaluasi yang dilakukan oleh  pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar  dan menengah dengan menggunakan instrumen asesmen kompetensi minimum, survei  karakter, dan survei lingkungan belajar. 

Asesmen Kompetensi Minimum yang selanjutnya disingkat AKM adalah pengukuran  kompetensi peserta didik dalam Literasi Membaca dan Literasi Matematika (Numerasi). 

Literasi Membaca adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi,  merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan  kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi  secara produktif di masyarakat. 

Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat  matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang  relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia. 

Survei Karakter adalah pengukuran terhadap sikap, kebiasaan, nilainilai (values)  berdasarkan enam aspek Profil Pelajar Pancasila. 

Survei Lingkungan Belajar adalah pengukuran kualitas pembelajaran dan iklim sekolah  yang menunjang pembelajaran pada satuan pendidikan. 

Asesmen Nasional Berbasis Komputer yang selanjutnya disingkat ANBK adalah asesmen  yang menggunakan komputer secara daring dan semidaring sebagai media untuk  menampilkan dan menjawab soal. 

Pelaksana Asesmen Nasional adalah lembaga yang bertugas dan bertanggung jawab  melaksanakan kebijakan teknis Asesmen Nasional pada tingkat pusat, provinsi,  kabupaten/kota, satuan pendidikan, dan sekolah Indonesia di luar negeri.

 

Administrasi

Oleh karena itulah untuk memudahkan administrasi bapak ibu guru saya bagikan sejumlah item administrasi penting dalam pelaksanaan ANBK. Semoga bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung. Berikut sejumlah administrasi penting dalam pelaksanaan ANBK tahun ini.

 

1. SK PANITIA ANBK

2. Undangan, Daftar Hadir,Notulen, Rapat dan Berita Acara ANBK 2021

3. SK Pengawas ANBK Tahun 2021Tingkat Satuan Pendidikan

4. SK Proktor ANBK Tahun 2021Tingkat Satuan Pendidikan

5. SK Teknisi ANBK Tahun 2021Tingkat Satuan Pendidikan

6. Pakta Integritas ANBK 2021

7. Daftar Nominasi Calon PesertaANBK Tahun 2021

8. Berita Acara Sinkronisasi ANBKTahun 2021

9. Daftar Hadir Peserta – Dicetak di Web ANBK

10. Berita Acara – Dicetak diWeb ANBK

11. Rincian Pembiayaan ANBK Tahun2021

12. Daftar Hadir Pengawas ANBKTahun 2021

13. Daftar Hadir Proktor ANBKTahun 2021

14. Daftar Hadir Teknisi ANBKTahun 2021

15. Tata Tertib Peserta, Pengawas, Proktor & Teknisi AN 2021

16. POS AN (Prosedur OperasionalStandar AN)

17. Cetak Kartu Login Peserta

18. Program Kerja ANBK 2021

19. ID CARD proktor, teknisi,pengawas, dan panitia ANBK (Format CorelDraw)


Silakan diunduh.

 

 

 

Cocokpedia
Cocokpedia Dapur Mikir

2 comments for "[ANBK 2021] Contoh Administrasi Penting dan Wajib Pelaksanaan ANBK [Asesmen Nasional]"