Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Buku Anekdot Siswa & Contohnya

Apakah buku anekdot siswa SD itu? Buku anekdot adalah rekam jejak catatan perkembangan siswa selama diampu wali kelas selama setahun. Perkembangan tersebut dapat berupa prestasi akademik, nonakademik, kompetensi khusus (seperti kemampuan memainkan alat musik, kemampuan melukis, dan sebagainya yang membutuhkan pembinaan khusus), catatan khusus (seperti sering bolos, tidak mengerjakan tugas, bertengkar dengan teman, dan sebagainya yang butuh bimbingan khusus). Buku anekdot mirip dengan buku konseling, tapi tidak sama sama sekali.

Untuk apa membuat buku anekdot siswa?

Fungsi utama buku anekdot adalah bahan laporan kepada walimurid tentang progres murid selama satu semester dan satu tahun selain pencapaian kompetensi kurikulum. Buku anekdot memberikan gambaran khusus per murid sehingga dapat pula disampaikan kepada wali murid, mana yang perlu perhatian khusus, pembinaan khusus, perlu fasilitas ekstra, dan sebagainya. Buku anekdot dapat jadi nilai pengaya pada raport.

Buku anekdot dari sisi hukum dapat pula jadi bukti untuk wali murid jika terjadi komplain. Dalam buku anekdot tentu tertulis kejadian atau peristiwa khusus lengkap dengan waktu kejadiannya.

 

Seperti apa buku anekdot siswa itu?

Berikut contoh buku anekdot tidak baku. Disebut tidak baku karena guru kelas dapat memodifikasi sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Bukankah guru sudah banyak administrasinya? Mengapa perlu ada buku semacam itu? Ini malah lebih penting daripada sekedar membuat perangkat pembelajaran hasil copas. Hehehehe. Ini sangat berguna dan penting dalam hal memberikan pelayanan jasa pendidikan yang maksimal bagi murid dan orang tua murid. Institusi pendidikan adalah layanan jasa publik dan buku anekdot adalah bentuk transparansi pelayanan selain raport.

Berikut penampakan buku anekdot sekedar contoh.

Model Portofolio dan Buku Anekdot Siswa jadi satu



Catatan Anekdot Sederhana



Selanjutnya buku anekdot diserahkan ke siapa?

Buku anekdot siswa selanjutnya akan diserahkan kepada wali kelas berikutnya sebagai bentuk lain dari portofolio sehingga guru kelas berikutnya lebih efisien masa adaptasinya dan langsung memberikan layanan sesuai kebutuhan masing-masing murid sebagaimana catatan dalam buku anekdot guru kelas sebelumnya.


Berikut contoh Buku Anekdot Siswa 

DOWNLOAD DI SINI


Kunjungi juga:

Guru Harapan Masa Depan Bangsa

Semoga manfaat. Terima kasih atas kunjungan anda.

Cocokpedia
Cocokpedia Dapur Mikir

Post a Comment for " Buku Anekdot Siswa & Contohnya"