Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ide Gila Revolusi Pendidikan

Ide Gila Revolusi Pendidikan




Artikel ini ditulis berdasarkan beberapa gagasan Terry Heick. Ia dalam blognya menyebut ada 50 Ide Gila Untuk Mengubah Pendidikan. Saya mengubahnya menjadi Ide Gila Revolusi Pendidikan. Pendidikan di mana? Tentu di negeri Atas Angin. Hahaha.

Apa saja ide gila revolusi pendidikan itu? Berikut beberapa di antaranya.

1. Berhentilah memutuskan bahwa setiap anak akan mahir. Temukan cara atau sesuatu yang lain untuk dijanjikan atau sedikit memotivasi.

2. Mintalah siswa merancang kriteria kualitas mereka sendiri, dan mengembangkan kerangka kerja untuk membantu mereka memahami caranya.

3. Rayakan pembelajaran dengan merayakan model pembelajaran. Setiap sekolah dicap oleh model dan pendekatan tersebut, bukan nama historis dan maskot kosong. 

4. Jangan membuat kehadiran wajib. Jadikan ruang kelas tempat yang diinginkan siswa.

5. Biarkan siswa menggunakan smartphone di dalam kelas. Ini bukan masalah aturan sekolah, tapi masalah model pembelajaran.

6. Buat atura bahwa setiap politisi yang mencalonkan diri harus menghabiskan sejumlah jam di kelas.

7. Permudah keluarga untuk melihat bagaimana mereka dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi sekolah.

8. Buang semua standar akademik berbasis konten.

9. Jujurlah ketika segala sesuatunya tidak berhasil, membosankan, atau membuang-buang waktu.

10. Ubah semua sekolah menjadi pusat budaya dengan pakar, teknologi, dan program mutakhir. (Lihat Hal-Hal yang Bisa Dilakukan Sekolah Selain Sekolah.)

11. Jadikan sekolah dasar tempat ber-: literasi, kreativitas, dan main. Dan hanya itu.

12. Jadikan sekolah menengah sebagai tempat penemuan diri, akuntabilitas, paham kewarganegaraan, punya kebiasaan berpikir, dan berpartisipasi terbimbing dalam jaringan fisik dan digital.

13. Perlakukan guru terbaik seperti bintang: beri mereka program reality show, keistimewaan dan perlakuan khusus, dan kontrak besar.

14. Setiap guru adalah ahli dalam bidang tertentu. Gunakan keahlian itu untuk mengangkat rapor sekolah dan nama baik kota.

15. Gunakan sistem penilaian yang dimulai dari nol, bukan 100. 

16. Membuat anggaran sekolah sepenuhnya transparan.

17. Buang nilai huruf dan nilai angka selamanya. Hanya ada tiga: 0 (tidak menyelesaikan pekerjaan), 1 (selesai tanpa memenuhi kriteria kualitas), 2 (selesai memenuhi kriteria kualitas).

18. Mempromosikan pembelajaran melalui jaringan, bukan kurikulum. (Dan sementara kita membahas masalah ini, larang semua kurikulum bernaskah.)

19. Jadikan kegembiraan, rasa ingin tahu, dan kemampuan untuk mengajukan pertanyaan yang tepat, pada waktu yang tepat, sebagai kriteria yang kita gunakan untuk mengukur sebuah sekolah.

20. Berhenti menjelek-jelekkan guru karena meningkatnya apatisme budaya terhadap pendidikan formal.

21. Gunakan kurikulum yang didasarkan pada kebiasaan berpikir, dan kemampuan untuk mengetahui apa yang layak dipahami daripada "konten".

22. Mengharuskan orang tua, pakar komunitas, dan pemimpin bisnis untuk mengajar atau mengajar bersama.

23. Gunakan podcast dan saluran media sosial dan streaming video langsung untuk melengkapi ruang kelas fisik.

24. Jadikan perpustakaan lebih seperti toko aplikasi dengan teknologi yang menggairahkan siswa untuk berkunjung.

25. Buat kurikulum yang berfungsi seperti daftar putar, dan yang menelusuri seperti hasil penelusuran Google; mengharuskan siswa untuk mendokumentasikan pemahaman mereka sendiri.

26. Biarkan siswa memutuskan apa yang ingin mereka lakukan dan tidak ingin pelajari; dan bersikeras hanya untuk belajar sesuatu.

27. Perlakukan tujuan pendidikan sebagai pengetahuan diri: Apa yang perlu saya ketahui dan apa yang dapat saya lakukan dengan apa yang saya ketahui?

28. Rancang setiap sekolah sebagai wadah pemikir untuk memahami dan mengatasi masalah dan peluang lokal.

Nah, itu sebagian dari 50 ide gila Terry Heick yang sudah saya adaptasi ke lidah dan cara pikir orang kita. Anda setuju yang mana saja?


Artikel Utama Blog Ini adalah:

Guru Harapan Masa Depan Bangsa



ck; text-align:center;'/>
Cocokpedia
Cocokpedia Dapur Mikir

1 comment for " Ide Gila Revolusi Pendidikan"