Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mata Pelajaran Yang Hilang: PSPB dkk

Mata Pelajaran Yang Hilang: PSPB dkk




Mata pelajaran yang hilang: PSPB dkk. PSPB merupakan singkatan dari Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa. Anak sekolah masa kini tidak akan pernah mengenal buku pelajaran ini. Buku pelajaran PSPB hanya ada di era tahun 1990an, di masa orde baru. Seperti apa bentuk dan isinya, mereka tidak tahu.

Yang pernah membaca buku itu kala SD berarti berumur seperti saya sekitaran 45-50 tahun. Hehehe. Menurut saya buku tersebut sangat penting karena berisi tentang sejarah perjuangan Indonesia melawan penjajah. Ketika buku tersebut hilang, bahkan sekarang tidak ada lagi mata pelajaran mandiri seperti itu, anak-anak kita kehilangan jejak kecintaannya terhadap tanah air yang para pahlawan perjuangkan dan bangun. Lama-lama selain kehilangan mata pelajaran, bisa-bisa kehilangan sejarah yang sesungguhnya.

Beberapa mata pelajaran yang senasib dengan PSPB antara lain:

Buku Pendidikan Moral Pancasila (PMP)




Buku Bahasa Indonesia. Buku yang dari zaman ke zaman diingat tentang Ini Budi, Ini Ibu Budi, Wati adik Budi, dan sebagainya. Semua itu ada di buku ini.




Inilah secara lengkap buku yang hilang itu.



Buku-buku tersebut tidak sepenuhnya hilang. Di beberapa kios buku konvensional dan online masih ada yang menjual. Mungkin siapa tahu ada yang kangen dengan buku itu. Bagi anda yang membutuhkannya dapat browsing dan pasti menemukannya dengan harga murah.

Cocokpedia
Cocokpedia Dapur Mikir

Post a Comment for "Mata Pelajaran Yang Hilang: PSPB dkk"