Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Aktivitas Direkomendasikan Usai Rapotan Mengisi Liburan Bermakna

11 Aktivitas Direkomendasikan Usai Rapotan Mengisi Liburan Bermakna






11 Aktivitas Direkomendasikan Usai Rapotan Mengisi Liburan Bermakna pada halaman ini sekedar berbagi gagasan untuk bapak ibu walimurid atau orang tua siswa. Liburan terencana ananda lebih baik daripada liburan tidak terencana. Pada halaman ini, setidak ada 11 11 Aktivitas Direkomendasikan Usai Rapotan Mengisi Liburan Bermakna untuk bapak ibu pilih sebagai menu liburan tahun ini.

Libur telah tiba
Libur telah tiba
Hore! Hore! Hore!
Simpanlah tas dan bukumu
Lupakan keluh-kesahmu
(Penggalan lirik lagu Tasya Liburan Tiba)

Itulah kira-kira gambaran rasa riang anak-anak ketika liburan tiba, tentu setelah menerima buku raport. Semoga semua ananda mencapai nilai yang tidak mengecewakan. Aamiin. Sehingga saat menikmati liburan tidak ada wajah cemberut terpasang di wajah mereka.
Berikut 11 Aktivitas Direkomendasikan Usai Rapotan Mengisi Liburan Bermakna yang dapat bapak ibu pilih sebagai bagian dari rencana liburan ananda.

1. Book Shopping (Belanja Buku)



Menurut bapak ibu Book Shopping (Belanja Buku) ini menarik? Bukankah kalau shoping bapak ibu mengajak ananda selalu beli kebutuhan sandang seperti baju atasan dan bawahan? Sepatu dan sandal? Tidakkah sesekali bapak ibu berkeinginan mengajak mereka belanja buku sepuas mereka? Buku apa saja yang selain buku pelajaran? Saya kok yakin, mereka akan senang. Cobalah!

2. Berbagi dengan Teman Panti Asuhan



Pasti bapak ibu pernah mengajak ananda berkunjung ke panti asuhan sekedar berbagi rejeki. Bagaimana kalau mengajak ananda terjadwal berada di pantu asuhan bersama mereka yang kurang beruntung dibandingkan ananda? Tentu akan menjadi hari raya bagi mereka yang ada di panti asuhan. Bisa berbagi baju, permainan, mainan bekas yang masih bisa digunakan, baca buku bersama, berbagi buku, berbagi rejeki, atau sesekali mengajak salah satu anak dari panti asuhan ikut berlibur di rumah bapak ibu bersama ananda. Wow, keren!

3. Hari Bercocok Tanam



Ini juga rekomended. Biasanya yang paling bisa jadi partnet kegiatan ini sang bapak/ayah. Mengisi halaman rumah, atau pot dengan tanaman baru. Bisa dengan memulai dengan hidroponik dan sebagainya. 

4. Piaraan Baru



Ketika ananda tidak punya satu pun hewan piaraan atau peliharaan yang imut dan bisa jadi teman di rumah, tentu ini ide yang sangat baik. Tinggal mengajak ananda ke tempat penjualan hewan peliharaan. Bisa membeli kucing, ikan hias, kelinci, hamster, dan sebagainya. Kemudian, selama liburan ananda kita ajari cara merawat hewan peliharaan tersebut. Syukur-syukur ananda punya buku catatan tentang perkembangan progres hewan peliharaannya.

5. Hobi Baru



Nah, ini juga rekomended. Syaratnya harus baru. Memulai yang baru lebih menantang. Yang lama tetap dirawat, yang baru ditekuni. Ada banyak hobi baru, pilihlah yang menurut kita berguna bagi masa depan. Saya contohkan: Kamera DSLR misal merk Nikon. Yang murah saja. Kita belikan ananda 1 set kamera DSLR. Kita temani sambil kita tuntun cara menggunakan dan menjepret objek dengan baik. Kalau kita tidak tahu banyak tentang fotografi, mungkin dengan cara menonton tutorialnya di youtube bersama ananda. Sehari sekali ajak ananda hunting. Berburu objek yang framming. Yang bagus ketika dijepret. Wow, keren ini.

6. Memasak Menu Baru



Mungkin kegiatan ini untuk ananda yang perempuan. Gurunya bisa saja bapak atau ibu atau bersama, tapi kebanyakan yang menemani hanya ibu. Ada banyak menu yang belum pernah kita buat dan coba. Misal menu masakan India, Turki, dan Korea, Ini akan menjadi kegiatan yang menarik. Tidak perlu beli buku resep, mudah menonton tutorialnya di youtube. 

7. Paralayang



Tidak semua orang mempunyai pengalaman menikmati alam dengan berparalayang. Menyaksikan keindahan alam dari langit mengendarai layang-layang. Tentu bapak ibu harus menyediakan waktu khusus, tempat khusus, dan tentu biaya yang tidak sedikit karena hanya pada tempat-tempat tertentu yang menyediakan olahraga paralayang ini, semisal di kota Batu, Jawa Timur. Tentu akan sekalian dengan biaya transportasi, akomodasi, dan sewa villanya sekaligus, tapi sungguh asyik lo!

8. Berselancar



Ini sama dengan Paralayang, bapak ibu harus menyediakan waktu khusus, tempat khusus, dan tentu biaya yang tidak sedikit karena hanya pada tempat-tempat tertentu yang menyediakan olahraga ini. Yang jelas di area wisata pantai. Bapak ibu harus menyesuaikan budget sehingga dapat membuat keputusan yang tepat dalam memilih lokasi. Bagaimana pun olahraga ini tidak murah, tapi sungguh sangat menyenangkan. Setidaknya beberapa hari melepaskan ananda dari gadget.

9. Snorkeling



Snorkling ini juga hanya ada di perairan. Ia merupakan olahraga air khususnya laut. Jadi tempatnya di laut. Bapak ibu akan sewa alat dan transportasi. Juga ada pemandunya. Bapak ibu bersama ananda akan melihat pemandangan di dalam laut. Melihat keindahannya dari dekat dan langsung dengan mata kepala sendiri. Tentu ini akan memperkaya muatan pembelajaran IPA di sekolah ananda. Ananda akan banyak bercerita tentang pengalaman bersnorkling ini kepada guru dan teman-temannya apalagi kalau guru yang menugasi muridnya untuk bergilir bercerita tentang pengalaman liburan anak-anak. Tentu seru.

10. Berburu



Ini langka. Pengalaman yang jarang dilakukan oleh orang tua dengan anaknya. Sedikit berbahaya karena menggunakan senjata berupa senapan, tapi busa juga disederhakan jadi panah atau ketapel. Lokasinya juga spesial yakni hutan. Secara perikehewanan juga kurang nyaman di hati, tapi bukan tidak boleh. Bukankah hidup ini seperti rantai makanan? Hasil buruan juga dapat dimakan secara halal. Keseruannya adalah ketika membidik objek. Tentu akan merupakan pengalaman yang sangat berharga bagi ananda bisa berburu dan mendidik mental, memicu adrenalin saat melakukan perburuan. Lebih menarik lagi jika pengalaman ini dilakukan dengan berkemah di hutan bersama-sama sekeluarga.

11. Main Game Virtual Reality



Bagian terakhir yang dapat saya rekomendasikan kegiatan untuk mengisi liburan ananda adalah bermain game virtual reality (VR). Tidak banyak tempat yang menyediakan peralatan game VR ini, hanya beberapa tempat di kota besar. Tapi, bisa juga disiasati dengan membeli alat dan perlengkapannya dan hanya dimainkan bersama saat liburan. Pasti seru. Dengan game VR ini seolah-olah ananda menjadi pahlawan di dunia maya. Ananda bisa jadi jenderal yang memimpin perang, ananda bisa jadi superhero yang memberantas kejahatan, bisa jadi superman, wonderwomen, batman, dan sebagainya. Sungguh sangat seru, tapi mahal. Hehehe.

Baiklah itulah 11 Aktivitas Direkomendasikan Usai Rapotan Mengisi Liburan Bermakna buat bapak ibu berencana liburan bermutu. Semoga bermanfaat. Bisa jadi bapak ibu tidak memilih satu pun dari 11 Aktivitas Direkomendasikan Usai Rapotan Mengisi Liburan Bermakna, bisa jadi bapak ibu menemukan ide lain setelah membaca halaman ini. Selamat berlibur bersama ananda. Have fun!





ck; text-align:center;'/>
Cocokpedia
Cocokpedia Dapur Mikir

Post a Comment for "11 Aktivitas Direkomendasikan Usai Rapotan Mengisi Liburan Bermakna"