Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[Hari Pohon Sedunia] Paperless di Dunia Pendidikan dapat Menyelamatkan-Meremajakan Bumi Hutan dan Manusia di Sedunia


Artikel ini ditulis untuk menyambut [Hari Pohon Sedunia]


Cocokpedia.net. Paperless di Dunia Pendidikan dapat Menyelamatkan-Meremajakan Bumi Hutan dan Manusia di Sedunia. Hari ini bertepatan dengan hari Pohon Sedunia, sedangkan perayaan Hari Menanam Pohon Nasional di Indonesia tepat tanggal 28 November 2021 mendatang. Hari Menanam Pohon Nasional dikuatkan dengan Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008.

Saya pernah bertanya kepada bendahara BOS: berapa anggaran yang dibutuhkan untuk pengadaan Penilaian Tengah Semester (PTS) atau Penilaian Akhir Semester/Tahun (PAS/PAT). Bendara BOS menjawab berkisar sekitar 5 juta rupiah. Wah, biaya yang sangat banyak untuk keperluan kertas. Jadi setahun untuk keperluan PTS, PAS, dan PAS sekitar 20 juta dan kertasnya terbuang. Itu belum lagi kebutuhan kertas administrasi guru.

Paperless di Dunia Pendidikan dapat Menyelamatkan-Meremajakan Bumi Hutan dan Manusia di Sedunia.

Kemudian saya menggagas bagaimana seandainya pelaksanaan PH, PTS, PAS, dan PAT diselenggarakan secara online. Aplikasi termudah yakni dengan google form. Gagasan tersebut dirapatkan dan hasilnya 100 persen setuju. Dilaksanakanlah pertama kali pada PTS secara online. Gagasan saya didasari selain mengurangi penggunaan kertas, juga karena pelaksanaan pembelajaran dan penilaian sudah terbiasa sejak terjadinya pandemi dan kelas dilaksanakan secara daring (PJJ). Dan, benar, sekolah kami menghemat 5 juta rupiah dari pelaksanaan PTS tahun ini.

Paperless di Dunia Pendidikan dapat Menyelamatkan-Meremajakan Bumi Hutan dan Manusia di Sedunia.

Penghematan kertas dalam instansi atau lembaga pendidikan disebut dalam bahasa Inggris sebagai Paperless. Peperless terbukti sangat membantu dalam usaha menyelamatkan hutan Indonesia. Apa benar begitu? Artikel ini akan membahas penggunaan kertas di dunia pendidikan di Indonesia. Baiklah, logikanya begini.

Kita memiliki guru dari tingkat Paud sampai dengan sekolah menengah sekitar 2.736.010 guru. Data ini berdasarkan data Badan Pusat Statistik dan data statistik dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI. Jumlah tersebut juga diambil pada tahun pelajaran 2018/2019.

Paperless di Dunia Pendidikan dapat Menyelamatkan-Meremajakan Bumi Hutan dan Manusia di Sedunia.

Sekarang ke penggunaan kertas dengan jumlah rata-rata siswa 300 per sekolah (ini untuk SD). Kita ambil sampel SD. Berdasarkan beberapa narasumber yang berasal dari profesi guru juga menyatakan bahwa setahun satu orang guru membutuhkan setidaknya 6 rim kertas setahun. Kertas-kertas tersebut guru gunakan untuk keperluan administrasi kelas seperti membuat perangkat pembelajaran (program tahunan, program semester, silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, soal, dan administrasi kedinasan). Belum lagi yang dibuat bungkus kacang atau serbet pengganti tissue. Hahaha.

Paperless di Dunia Pendidikan dapat Menyelamatkan-Meremajakan Bumi Hutan dan Manusia di Sedunia.

Untuk jadi satu rim kertas menurut tukang kayu dibutuhkan satu batang pohon yang matang. Kalau kita hitung, setahun untuk memenuhi kebutuhan kertas guru adalah 2.736.010 dikalikan 6 rim kertas sama dengan16.416.060. Jangan kuatir perhitungannya benar karena menggunakan kalkulator . Jadi penggunaan kertas untuk guru saja setahun fix 16.416.060 pohon. Wow, jumlah yang fantastis. Pantes saja hutan kita gundul. 

Paperless di Dunia Pendidikan dapat Menyelamatkan-Meremajakan Bumi Hutan dan Manusia di Sedunia.

Pohon yang ditebang untuk keperluan guru fix 16.416.060 pohon. Kita belum menghitung jumlah kertas yang digunakan kantor kepresidenan, kantor kementerian, kantor dinas instansi, pengadilan, penerbiat dan percetakan, tukang fotocopy, dan sebagainya. 

Intinya, sampai kapan kita tebangi pohon di hutan? Bukankah Mas Menteri telah membuka kran untuk digitalisasi pendidikan? Kapan kita mulai paperless? Menunggu hutan senusantara habis? Kalau tidak dimulai sekarang, kapan lagi? (Maaf susah mikir)




Cocokpedia
Cocokpedia Dapur Mikir

Post a Comment for "[Hari Pohon Sedunia] Paperless di Dunia Pendidikan dapat Menyelamatkan-Meremajakan Bumi Hutan dan Manusia di Sedunia"