Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

17 Kegiatan Seru Liburan Sekolah di Rumah, Yuk Home Holidying!



Ada 17 Kegiatan Seru Liburan Sekolah di Rumah, Yuk home holidying. 17 kegiatan seru yang bisa dilakukan anak-anak selama liburan sekolah di rumah, selama libur semester 1 tahun ini. Semua kegiatan seru di bawah ini dapat dilakukan bersama ayah bunda atau mengundang beberapa teman kelas. Yuk, coba lakukan!

Pilih saja dari 17 Kegiatan Seru Liburan Sekolah di Rumah, Yuk home holidying yang kamu suka dan ingin lakukan. Bisa pilih 1 atau 2 kegiatan, atau bergiliran dan bergantian sampai masa liburan sekolah habis atau berakhir. Pasti seru!

 

1. Belajar Memasak, membuat minuman, atau kue

Belajar Memasak, membuat minuman, atau kue? Wah kegiatan seru ini! Kegiatan ini bisa dilakukan dengan bunda atau kakak di rumah. Bisa juga mengajak teman-teman kelas. Tapi, jangan semua teman sekelas ya, beberapa saja. Hehehe.

Untuk belajar memasak pertama tentu kalian harus memilih menu apa (masakan, minuman, atau kue). Kalau sudah menemukan menunya, kalian tentu harus menyiapkan bahannya. Menentukan berapa biayanya, baru berangkat ke pasar atau toko bahan makanan untuk belanja.

Ada beberapa resep makanan yang dapat memberimu inspirasi. Pasti kalian suka dengan macam-macam makan yang akan diberikan nanti. 

Ikuti langkah-langkahnya pada tautan berikut. Ready?

<Info lengkapnya buka di sini >

 

2. Berkemah di halaman rumah

Berkemah di halaman rumah bisa dilakukan di rumah lo. Kalian bisa mengajak adik, ayah dan bunda. Atau bila memungkinkan kalian bisa mengajak beberapa teman ke rumahmu untuk berkemah bersama. Keren!

Kalau kalian tertarik dengan kegian berkemah di halaman rumah ini, ikuti langkah-langkahnya pada tautan berikut. Ready?

<Info lengkapnya buka di sini >


3. Bercocok tanam atau berkebun

 Wah, ini seru juga lo. Bercocok tanam atau berkebun di rumah selama liburan. Apa saja yang perlu disiapkan. Rencanakan dulu misalnya mau berkebun tanaman apa, tempat menanamnya tanah (halaman rumah) atau pot. Juga perlu direncanakan pembiayaannya serta cara merawatnya.

Jika benar kalian tertarik dengan kegiatan bercocok tanam atau berkebun ini, kalian dapat ikuti langkah-langkahnya pada tautan berikut. Ready?

<Info lengkapnya buka di sini >


4. Membaca buku

Kalau kalian tertarik mengisi liburan sekolah dengan membaca buku, ada baiknya membuat jadwal tertulis deh. Isinya, misalnya tiap hari pukul berapa dan berapa menit. Ini penting karena membaca harus tuntas kan?

Tidak punya buku di rumah? Nah, kalian bisa memilih buku yang cocok dengan minatmu. Klik saja tautan di bawah ini.

Ikuti langkah-langkahnya pada tautan berikut. Ready?

<Info lengkapnya buka di sini >



5. Membuat kerajinan tangan

Ada banyak pilihan macam kerajinan tangan. Nanti akan diberikan beberapa contoh  kerajinan tangan yang unik menarik dan dapat kamu lakukan atau buat. Pasti gurumu senang seandainya karya kerajinan tanganmu nanti dibawa ke sekolah saat masuk kembali bersekolah.

Tentu gurumu akan memberikan nilai atau apresiasi bagus terhadap karyamu. Bisa jadi gurumu akan memberimu nilai tambahan untuk semester 2. Keren kan? Apa saja jenis dan contoh serta cara membuat kerajinan tangan yang akan dibagikan informasinya? 

Ikuti langkah-langkahnya pada tautan berikut. Ready?

<Info lengkapnya buka di sini >


6. Menulis cerita atau membuat laporan kegiatan selama liburan

Bagi sebagian anak, menulis itu tidak mudah bahkan terasa berat. Sebenarnya menulis itu seperti berbicara. Kalau kalian mampu berbicara dengan baik, maka dapat dipastikan kalian juga dapat menulis dengan baik. Kalau pun kalian merasa sulit untuk menuliskan gagasanmu, bisa dicoba dengan cara begini: kalian rekam saja apa yang ingin kalian ceritakan. Kalau sudah tuntas rekaman suara dari ceritamu, baru kalian tulis seperti yang sudah kalian rekam. Mudah bukan.

Biar menulismu lancar, tulis saja dulu sampai tuntas. Tidak perlu memperhatikan kesalahan kata atau tanda baca. Baru setelah semua gagasanmu tertulis, kalian perbaiki kesalahan kata atau tanda bacanya. 

Kesalahan yang biasa terjadi adalah salah ketik (typo), lalai tanda baca, lalai spasi (jarak antara titik dan kata berikutnya), huruf besar atau huruf kecil, dan sebagainya. Pembetulan bagian ini bisa kalian lakukan setelah semua tertulis. (sumber: https://bit.ly/325EnbQ)

Kalau kalian suka menulis, dan tertarik melakukan kegiatan ini selama liburan sekolah di rumah, ikuti langkah-langkahnya pada tautan berikut. Ready?


7. Menonton Film bermutu

Ada film yang direkomendasi buat kalian. Film bagus untuk ditontok sendirian, atau bersama saudara, bersama ayah bunda, atau bersama teman-teman (mengundang mereka).

Film-film tersebut adalah Narnia, Moana, Raya, Jumanji, Ainbo, dan Maya and Three. Bagaimana agar kalian bisa menontonnya gratis? Ikuti langkah-langkahnya pada tautan berikut. Ready?

<Info lengkapnya buka di sini >


8. Menonton Konten Youtube

Sama halnya dengan kegiatan di atas, ada banyak konten youtube yang direkomendasinya buat kalian untuk ditonton mengisi liburan sekolah di rumah. Bisa ditonton bersama saudara, ayah bunda, teman bermain sekitar rumah, atau mengundang teman kelas.

Apa saja konten youtube yang dapat kalian tonton? Pilihlah konten yang menghibur, tapi bermanfaat. Oke?


9. Bermain game online

Mengenai game online kalian pasti punya rekomendasi sendiri. Kadang di kelas saat kalian bawa hape mencuri-curi waktu agar bisa bermain game online di kelas tanpa sepengetahuan guru.

Game online yang biasa kalian mainkan itu tidak direkomendasikan oleh guru kalian karena guru kalian menganggap game itu hanya membuang-buang waktu. Kalau memang game online kalian sukai, pilihlah yang menambah kecerdasan tidak sekedar senang-senang. Dan ingat, jangan sampai game tersebut melupakanmu dari semua kewajiban pribadi dan rumah.


10. Bersih kamar dan rumah

Nah, kegiatan ini sepertinya langka. Tidak banyak anak yang melakukan kegiatan ini. Sebagian merasa jijik sebagian merasa itu pekerjaan orang dewasa. Oh, tidak demikian.

Semua fasilitas di rumah adalah tanggung jawab semua anggota rumah termasuk kalian bukan? Keindahan dan kebersihannya juga menjadi tanggung jawab bersama termasuk kalian.



11. Mendekorasi ulang kamarmu

Kalian tidak bosan, warna cat kamar kalian itu-itu saja? Atau gambar favorit yang menempel di dinding kamar juga itu-itu saja? Tidakkah kalian ingin tampilan kamar yang baru?


12. Mengikuti kursus online

Ada banyak kursus online, yang dapat kalian temukan di internet secara daring. Dengan begitu akan menambah pengetahuan dan keterampilan kalian. Tidak harus belajar tentang materi sekolah, kalian bisa menambah keterampilan di luar materi sekolah agar kalian lebih bisa bersaing dengan siapapun kelak.

Dengan mengikuti kursus atau latihan online, nanti kalian bisa bagi kepada teman-teman sekelas yang mau. Tentu keren kalian bisa punya pengetahuan lebih selain materi pelajaran di kelas. 


13. Pesta kebun dengan mengajak teman ke rumah

Baru dengan tentang pesta kebun? Wah, itu seru lo. Pesta kebun itu membuat semua riang gembira dan kenyang. Kalian bisa melakukannya bersama ayah bunda dan saudara. Kalian juga bisa mengundang beberapa sahabat di kelas. Yah, teman dekat.


14. Menyalurkan hobi

Tiap dari kalian dalam sekelas tidak sama. Tiap-tiap teman sekelasmu punya minat dan hobi yang berbeda. Tentu, kamu juga punya hobi yang tidak sama dengan teman sekelasmu.

Apa saja macam-macam hobi? Hobi apa yang menjadi minat dan daya tarikmu? Nanti akan diberikan beberapa contoh hobi. Kalian dapat mengganti hobi apa saja asal kalian tertarik. 


15. Belajar berwirausaha sendiri

Apa itu berwirausaha? Berwirausaha adalah bisnis atau berdagang dengan modal dan usaha sendiri juga dilakukan sendiri. Jika kalian minat dengan kegiatan ini, tentu kelak kalian bisa jadi pengusaha besar dan sukses,


16. Belajar memelihara hewan dan merawatnya

Kalian punya hewan piaraan? Kalau belum atau ingin menambah hewan piaraan, nanti ruangguru akan memberikan beberapa contoh hewan piaraan yang lucu dan imut untuk kalian pelihara.


17. Rekreasi Online

Liburan Sekolah Virtual dari Rumah seru juga. Karena kita tidak boleh ke mana-mana selama liburan sekolah tahun ini, liburan virtual dari rumah saja melalui peta atau maps.

Liburan sekolah virtual nantinya akan dibagi dua yakni jalan-jalan keliling Indonesia dan jalan-jalan keliling dunia. Postingan pertama ini, kita akan jalan-jalan berlibur keliling Indonesia. Nah, perhatikan peta Indonesia (maps)di bawah ini kemudian tentukan mau jalan-jalan ke provinsi mana. Pilih provinsi di bawah peta Indonesia ini sesuai pilihanmu.

 

Ikuti langkah-langkahnya pada tautan berikut. Ready?

<Info lengkapnya buka di sini >




Nah, seru kan? Semoga bermanfaat ya. Yang penting lakukan kegiatan bermakna selama liburan sekolah agar nanti ketika masuk ke sekolah lagi ada yang bisa kamu ceritakan untuk teman sekelasmu. Oke?


Sumber gambar:

https://www.99.co/blog/indonesia/gambar-desain-tenda-glamping/

ck; text-align:center;'/>
Cocokpedia
Cocokpedia Dapur Mikir

Post a Comment for "17 Kegiatan Seru Liburan Sekolah di Rumah, Yuk Home Holidying!"