Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Anak-anakku, Milikilah Adab Terbaik dan Akhlak Karimah



Apa yang dimaksud dengan adab? Sederhananya adab adalah cara terbaik dan sopan dalam melakukan sesuatu karena penghormatan yang tulus terhadapnya. Contoh: adab membaca alQuran; adab bertamu; adab berdoa, adab makan dan minum; adab menuntut ilmu; adab ziarah kubur; adab ke kamar mandi; adab terhadap guru dan sebagainya.

Itulah yang dimaksud dengan adab dan contohnya, anakku. Apakah ada salah satu adab di atas yang sudah menjadi kebiasaanmu? Atau seluruhnya sudah biasa kamu lakukan? Semua itu memang harus dilakukan oleh semua manusia karena manusia mempunyai derajat mulia di sisi Tuhan. Untuk menjaga kemuliaan manusia salah satunya harus memiliki adab atau beradab. Bukankah semua adab itu sudah dicontoh Kanjeng Nabi dalam hadits? Ada hadits adab makan, adab memulai belajar, adab kencing, adab bercermin, dan banyak lagi yang telah dicontohkan Kanjeng Nabi untuk ditiru.

Berikut tentang akhlak. Apakah akhlak itu? Akhlak adalah perbuatan atau perilaku terpuji, perbuatan baik, yang dilakukan dengan sadar dan tulus, mudahnya seperti itu pengertian akhlak. Akhlak terpuji, akhlak berbuat baik dalam agama disebut dengan akhlah karimah (akhlakul karimah). Banyak hadits tentang akhlak yang dapat kamu pelajari dan temukan sendiri.

Selain itu ada banyak contoh akhlak terpuji  yang dicontohkan Nabi baik kepada sesama manusia, pada hewan, bahkan akhlak terbaik pada lingkungan atau alam. Contoh akhlak Nabi, selalu berbuat jujur, amanah, selalu berprasangka baik kepada siapapun, lembut kepada tetangga, lembut dan sayang kepada anak kecil terutama yatim, menyanyangi hewan, tidak berbicara kasar atau kotor, menundukkan pandangan, berjalan tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat, bahkan semua barang-barang Nabi diberi nama untuk menunjukkan akhlak terbaiknya. Keren bukan?

Hayo, siapa yang merasa memilki akhlak yang baik dan terpuji? Ssst, jangan bilang-bilang. Cukup diingat saja bahwa kalian telah berbuat baik mencontoh Nabi. Jangan ceritakan kebaikanmu kepada siapapun. Cukup kalian saja yang tahu dan Tuhan karena menyembunyikan perbuatan baik termasuk akhlak juga lo. Biar tidak sia-sia amal baik kita. Oke?


“Sebaik-baik manusia adalah yang paling baik akhlaknya kepada sesama manusia.”

 

Itu saja dulu, terima kasih sudah membaca postingan ini. Jangan lupa sering-sering berkunjung ke https://ruangguru.cocokpedia.net/ ya kalau perlu simpan alamatnya dan temukan hal baru, ilmu baru untuk bekal kalian kelak. Sampai jumpa.


Sumber gambar: https://www.republika.co.id/berita/

ck; text-align:center;'/>
Cocokpedia
Cocokpedia Dapur Mikir

Post a Comment for "Anak-anakku, Milikilah Adab Terbaik dan Akhlak Karimah"