Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bantuan Kuota Kemendikbud Desember 2021 Terkini Segera Cair

 


 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyiapkan penyaluran tambahan bantuan kuota data internet atau Bantuan Kuota Kemendikbud Desember 2021. Penyaluran tambahan bantuan kuota internet kepada guru dan siswa ini berdasar penerapan kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 yang telah diinstruksikan oleh Menteri Dalam Negeri (mendagri). 

Mendagri menilai manfaat bantuan kuota Kemendikbud, kuota internet Kemendikbud ini mendukung proses pembelajaran yang berlangsung yang dilaksanakan secara kombinasi antara tatap muka terbatas (PTMT) dan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) saat ini. Mendagri kemudian memutuskan untuk memberi bantuan kuota Kemendikbud Desember 2021. Hal tersebut disampaikan sendiri oleh Mendikbudriste, Nadiem Anwar Makarim di Jakarta, Rabu 8 Desember 2021. 

Bantuan kuota data internet berupa bantuan kuota kemendikbud tambahan ini rencananya akan dimulai penyalurannya secara bertahap yakni pada 11 sampai dengan 15 Desember 2021. Dengan masa berlaku 30 hari, terhitung sejak diterima oleh guru dan siswa. 

Selanjutnya Mas Menteri, Nadiem menjelaskan penyesuaian besaran kuota Kemendikbud yang akan diberikan pada periode perpanjangan ini sebagai berikut. Untuk siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mendapatkan besaran kuota Kemendikbud 3 (tiga) gigabit/bulan. Untuk Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) mendapatkan besaran kuota Kemendikbud 4 (empat) gigabit/bulan sedangkan untuk Guru jenjang PAUD Dikdasmen, Mahasiswa, dan Dosen akan mendapatkan besaran kuota Kemendikbud sebesar 5 gigabit perbulan. 

Perlu diketahui bahwa sisa kuota paket kuota internet Kemendikbud yang tidak habis terpakai setiap bulannya, hangus dan tidak bersifat ditambahkan ke bulan berikutnya. Pesan Mas Menteri, kuota internet Kemendikbud agar digunakan semaksimal mungkin untuk mengakses materi-materi belajar terutama yang disediakan di portal Rumah Belajar, tapi boleh dari berbagai kanal pendidikan lainnya. 

Penyaluran Bantuan Kuota Kemendikbud Desember 2021, kuota internet Kemendikbud tambahan diatur dalam Peraturan Sekretaris Jenderal (Persesjen) Nomor 4 Tahun 2021.  Tambahan bantuan kuota kemendikbud Desember ini akan langsung dikirimkan ke nomor ponsel yang telah terdaftar sebagai penerima bantuan kuota kemendikbud pada bulan November 2021 kemarin.

Bagaimana cara cek Bantuan Kuota Kemendikbud? Cara Cek Bantuan Kuota Kemendikbud Desember 2021 adalah sebagai berikut.

Cara cek bantuan kuota kemendikbud telkomsel melalui SMS dari Telkomsel atau panggilan dengan menghubungi *888# dan aplikasi MyTelkomsel.

Cek bantuan kuota kemendikbud indosat melalui aplikasi myIM3 atau panggilan dengan menghubungi nomor *123*075# lalu pilih nomor 1.

Cara cek bantuan kuota kemendikbud Tri tekan nomor *123*10*3# atau lewat aplikasi Bima+ sedangkan untuk XL dan Axis, tekan nomor *123# lalu pilih info atau melalui aplikasi myXL dan AxisNet.

Perlu diketahui bagi penerima  Kuota Kemendikbud Desember 2021 atau penerima bantuan kuota kemendikbud  bulan sebelumnya bahwa bantuan kuota Kemendikbud yang disalurkan akan berupa paket data umum atau allnetwork access, tapi terdapat beberapa batasan untuk hal-hal yang tidak berkaitan dengan edukasi seperti: Media sosial network, Game, aplikasi video dari berbagai platform.

Demikian panduan tentang bantuan kuota kemendikbud, bantuan kuota kemendikbud 2021, dan cara cek bantuan kuota kemendikbud ini semoga bermanfaat. Untuk info langsung dapat menghubugi kemendikbud pada tautan di bawah ini.

KUOTA BELAJAR KEMENDIKBUD


Buku Saku Perpanjangan Bantuan Kuota Kemendikbud Desember 2021

Download di Sini








 

ck; text-align:center;'/>
Cocokpedia
Cocokpedia Dapur Mikir

Post a Comment for "Bantuan Kuota Kemendikbud Desember 2021 Terkini Segera Cair"