Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bocoran Kurikulum 2022: Kurikulum Paradigma / Kurikulum Prototipe dan Implementasinya


Kurikulum 2022 (K-22) yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (mendisbud ristek) direncanakan berlaku di tahun 2022. Beberapa segmen dari dari kurikulum tersebut sudah mulai diterapkan pada pelatihan dan pendidikan Guru Penggerak pada program Merdeka Belajar. Wacana mengenai kurikulum baru 2022 (K-22) telah disampaikan mendikbud ristek, Nadiem Makarim, pada peringatan Hari Guru lalu.

Perubahan kurikulum dari kurikulum 2013 ke kurikulum baru berdasarkan hasil AKM ANBK serta survey Lingkungan Belajar yang sudah dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia secara sampling pada November kemarin. Apa nama kurikulum baru 2022 (K-22)

Dalam beberapa kampanye perubahan kurikulum ada yang memberikan nama kurikulum nasional 2022 (K-22), ada juga yang memberi nama kurikulum paradigma baru 2022 (K-22), dan ada pula yang memberinya nama kurikulum prototipe 2022 (K-22).

Apanya yang berubah? Berikut beberapa perubahan yang dianggap mendasar pada perubahan kurikulum baru prototipe yang selengkapnya dapat dibaca pada buku flip html5 di bagian akhir artikel ini. Sebelum membahas apa saja perubahan yang terjadi pada kurikulum baru, perlu diketahui bahwa Kurikulum prototipe diberikan sebagai opsi tambahan bagi satuan pendidikan untuk melakukan pemulihan pembelajaran selama 2022-2024. Kebijakan kurikulum nasional akan dikaji ulang pada 2024 berdasarkan evaluasi selama masa pemulihan pembelajaran. (Perhatikan yang bercetak tebal).

Perlu diketahui juga, selama pandemi covid-19 hingga saat ini ternyata kita telah mengalami perjalanan dan penerapan 2 kurikulum sekaligus yakni kurikulum 2013 dan kurikulum darurat 2021 (kurdar) sehingga harus dilengkapi dengan opsi tambahan kurikulum yakni kurikulum prototipe 2022 (K-22). Hasil mix ketiga kurikulum ini akan menjadi kebijakan kurikulum nasional yang utuh. 

(Kata dalam hati: "Wah, cerdas sekali program menteri. 2022-2024 adalah masa kritis sampai pilpres. Dan kalau memang menterinya bisa bertahan sampai 2024, bisa melanjutkan ke kurikulum 2024 atau kurikulum nasional. Keren.")


  • Lebih lanjut Kurikulum prototipe merupakan kelanjutan arah pengembangan kurikulum sebelumnya:
  • Orientasi holistik: kurikulum dirancang untuk mengembangkan murid secara holistik, mencakup kecakapan akademis dan non-akademis, kompetensi kognitif, sosial, emosional, dan spiritual.
  • Berbasis kompetensi, bukan konten: kurikulum dirancang berdasarkan kompetensi yang ingin dikembangkan, bukan berdasarkan konten atau materi tertentu.
  • Kontekstualisasi dan personalisasi: kurikulum dirancang sesuai konteks (budaya, misi sekolah, lingkungan lokal) dan kebutuhan murid.

Berikut karakteristik kurikulum prototipe 2022 (K-22) berdasarkan tangkap layar materi dari kemendikbud ristek.




Salah satu contoh perubahan misal muatan IPA dan IPS pada kurikulum 2013 digabung menjadi IPAS.



Selanjutnya Kemendikbudristek menyediakan 7 tema utama yang perlu dikembangkan menjadi modul dengan topik dan tujuan yang lebih spesifik.

1. Bangunlah Jiwa dan Raganya
2. Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI
3. Bhinneka Tunggal Ika
4. Gaya Hidup Berkelanjutan
5. Kearifan Lokal
6. Kewirausahaan
7. Suara Demokrasi

Nah, untuk memperdalam pemahaman kita mengenai seperti apa wujud dan karakteristik kurikulum paradigma baru 2022 (K-22) atau kurikulum prototipe 2022 (K-22) atau cikal kurikulum nasional 2024, ada baiknya download materinya langsung dan membacanya pada tautan paling bawah halaman posting ini.

Sumber foto: kemendibud

Dan, yang menakjubkan Mas Menteri menyatakan bahwa satuan pendidikan tidak wajin menggunakannya. Wow.

ck; text-align:center;'/>
Cocokpedia
Cocokpedia Dapur Mikir

Post a Comment for "Bocoran Kurikulum 2022: Kurikulum Paradigma / Kurikulum Prototipe dan Implementasinya"