Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cek Hari Efektif dan Hari Libur di Kalender Pendidikan




Kalender belajar atau kalender pendidikan untuk satu tahun pembejaran. Kalender pembelajaran (akademik) dimulai dari tahun ajaran baru tentu pada awal semester, yakni pada bulan Juli setiap tahunnya.

Dalam kalender akademik terdapat hari efektif. Hari efektif adalah jumlah kegiatan pembelajaran dalam satu tahun atau waktu belajar efektif di sekolah yang meliputi semua hal atau pengajaran. Kalender akademik juga memuat hari libur (Ahad, Hari Besar, Hari Libur Nasional, hari libur semester, dan hari libur akhir tahun).

Pentingkah keberadaan kalender pendidikan itu? Dalam proses kegiatan pembelajaran Kalender pendidikan menjadi acuan terjadwalnya seluruh materi pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik dalam satu tahun pelajaran.

Kalender pendidikan menjadi acuan dalam membuat program pembelajaran jangka pendek, menengah, dan jangka panjang sehingga dapat dilaksanakan dengan baik, efektif, sesuai dengan acuan waktu yang terdapat dalam kalender pendidikan. Kalender pendidikan berlaku untuk semua jenjang pendidikan Paud, TK, SD, SMP, SMA/SMK, dan yang sederajat.

Kalender pendidikan secara umum berfungsi menetapi efisiensi dan efektivitas proses pembelajaran di lembaga pendidikan. Selain itu kalender pendidikan berfungsi sebagai patokan untuk menentukan hari efektif dan hari libur sekolah. Secara khusus kalender pendidikan berfungsi sebagai pedoman yang digunakan guru merancang silabus, Program Sementer (Promes), Program Tahunan (Prota), dan Rencana Pelaksana Pembelajaran (RPP), serta jurnal pembelajaran. Termasuk pula perencanaan penerimaan peserta didik baru, penilaian harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS), dan Penilaian Akhir Semester (PAS).

Kesimpulannya Kalender Pendidikan tahun pelajaran 2021/2022 berisi beberapa hal penting di antaranya sebagai berikut: Hari efektif, fakultatif, Minggu efektif, Libur Semester, Libur Umum, Libur Hari Besar, dan Libur Khusus atau libur yang diadakan dalam kondisi tertentu oleh sekolah.

Dalam penyusunan kalender pendidikan ada Ketentuan tertentu yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan yang didasari oleh kalender pendidikan yang diterbitkan oleh masing-masing provinsi. Penyusunan kalender pendidikan juga memiliki rambu-rambu penyusunan, antara lain sebagai berikut: Kalender pendidikan disusun berdasarkan alokasi waktu; Penetapan hari yang dikurangi dengan hari libur, jadwal ulangan semester ganjil dan genap, dan beberapa hari penting lain sesuai dengan kebijakan sekolah; Tahun pelajaran baru dimulai pada Juli dan berakhir Juni di tahun berikutnya, dan sebagainya.

Berikut Contoh Penerapan Kalender Pendidikan 2020/2021 yang tiap provinsinya tidak sama.

Kalender Pendidikan 2020/2021 untuk Jawa Barat

Kalender Pendidikan 2020/2021 untuk Jawa Tengah

Kalender Pendidikan 2020/2021 untuk Jawa Timur

Kalender Pendidikan 2020/2021 untuk Bali



Sumber gambar: https://kreatormedia.id/





Cocokpedia
Cocokpedia Dapur Mikir

Post a Comment for "Cek Hari Efektif dan Hari Libur di Kalender Pendidikan"