Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Istilah Penting dalam Pendidikan


Berikut daftar istilah penting dalam dunia pendidikan yang sering digunakan, tapi kadang lupa maknanya. Daftar Istilah Penting dalam Pendidikan pada postingan ini membantu bapa ibu guru juga peneliti bidang pendidikan. Berikut Daftar Istilah Penting dalam Pendidikan diurut secara alfabet.

A


AKM

Pengertiannya adalah:
Asesmen Nasional Berbasis Komputer adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.

B

Belajar Tuntas
Pengertiannya adalah:
Assessment Kompetensi Minimum (AKM) [Dik] pendidikan (pengajaran) yang dilakukan secara menyeluruh hingga siswa berhasil
BERMUTU
Pengertiannya adalah:
Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading atau peningkatan mutu pendidikan melalui peningkatan kompetensi dan kinerja guru atau suatu program digagas oleh Ditjen PMPTK, Ditjen DIKTI, Balitbang Depdiknas dengan dukungan pendanaan dari Pemerintah Belanda (melalui Dutch Trust Fund) dan Bank Dunia (pinjaman lunak melalui IDA Credit dan IBRD Loan), serta dana pendampingan yang berasal dari Pemerintah Pusat dan Daerah.

C

Belajar Tuntas
Pengertiannya adalah:
rangkuman pengalaman pembelajaran (pengalaman mengajar) yang ditulis oleh seorang guru/dosen dalam praktik pembelajaran mereka di kelas yang dapat memberikan contoh nyata tentang masalah-masalah yang dihadapi oleh guru pada saat mereka melaksanakan pembelajaran
Catatan Anekdot
Pengertiannya adalah:
catatan-catatan singkat tentang kejadian-kejadian yang menarik dari observasi proses pembelajaran, yang akan digunakan untuk melengkapi data PTK.

K

Koedukasi
Pengertiannya adalah:
Nomina (kata benda) [Dik] sistem pendidikan yang memberikan pelajaran kepada anak laki-laki dan perempuan secara bersama-sama di dalam satu ruangan; pendidikan campuran

I

Indikator
Pengertiannya adalah:
tanda-tanda yang dapat memberikan (menjadi) petunjuk atau keterangan tentang ketercapaian tujuan pembelajaran.

K

Klasikal
Pengertiannya adalah:
Cara mengelola kegiatan belajar dengan sejumlah peserta didik dalam suatu kelas, yang memungkinkan belajar bersama, berkelompok dan individual

Kognitif
Pengertiannya adalah:
Berkaitan dengan atau meliputi proses rasional untuk menguasai pengetahuan dan pemahaman konseptual. Periksa taksonomi tujuan belajar kognitif.

Kolaboratif
Pengertiannya adalah:
Kerjasama dalam pemecahan masalah dan atau penyelesaian suatu tugas dimana tiap anggota melaksanakan fungsi yang saling mengisi dan melengkapi.

Kolokium
Pengertiannya adalah:
Nomina (kata benda) (1) pertemuan keahlian; seminar; (2) [Dik]kegiatan belajar (pd tataran pendidikan sarjana) yang dilakukan dalam bentuk seminar untuk membahas proyek penelitian bertaraf lanjutan

Kompetensi
Pengertiannya adalah:
1. Seperangkat tindakan cerdas, penuh tanggung jawab yang dimiliki seseorang sebagai syarat untuk dianggap mampu oleh masyarakat dalam melaksanakan tugas-tugas di bidang pekerjaan tertentu. 2. Keseluruhan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang dinyatakan dengan ciri yang dapat diukur.

Kompetensi Dasar (KD)
Pengertiannya adalah:
Kemampuan minimal yang diperlukan untuk melaksanakan tugas atau pekerjaan dengan efektif.

Kompetensi Inti
Pengertiannya adalah:
Merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran

Kriteria Ketuntasan Minimum
Pengertiannya adalah:
Batas minimum pencapaian kompetensi pada setiap aspek penilaian mata pelajaran yang harus dikuasai oleh peserta didik

M

Metakognisi
Pengertiannya adalah:
Kognisi yang lebih komprehensif.meliputi pengetahuan strategic (mampu membuat ringkasan menyusun struktur pengetahuan), pengetahuan tentang tugas kognitif (mengetahui tuntutan kognitif untuk berbagai keperluan), dan pengetahuan tentang diri (Briggs menggunakan istilah “prinsip”).

P

Pembelajaran
Pengertiannya adalah:
(1) Proses interaksi peserta didik dengan guru dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar (UU Sisdiknas); (2) Usaha sengaja, terarah dan bertujuan oleh seseorangatau sekelompok orang (termasuk guru dan penulis buku pelajaran) agar orang lain (termasuk peserta didik), dapat memperoleh pengalaman yang bermakna. Usaha ini merupakan kegiatan yang berpusat pada kepentingan peserta didik.

Penilaian otentik
Pengertiannya adalah:
Usaha untuk mengukur atau memberikan penghargaan atas kemampuan seseorang yang benar-benar menggambarkan apa yang dikuasainya. Penilaian ini dilakukan dengan berbagai cara seperti tes tertulis, kolokium, portofolio, unjuk kerja, unjuk tindak (berdikusi, berargumentasi, dan lain-lain), observasi dan lain-lain.

Portofolio
Pengertiannya adalah:
Suatu berkas karya yang disusun berdasarkan sistematika tertentu, sebagai bukti penguasaan atas tujuan belajar.

S

Standar isi (SI)
Pengertiannya adalah:
Ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi yang dituangkan dalam kriteria tentang komptensi tamatan, kompetensi bahan kajian, kom petensi mata pelajaran, dan silabus pembelajaran yang harus dipenuhi oleh peserta didik pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu (PP 19 Tahun 2005).

Standar kompetensi (SK)
Pengertiannya adalah:
Ketentuan pokok untuk dijabarkan lebih lanjut dalam serangkaian kemampuan untuk melasanakan tugas atau pekerjaan secara efektif.

Standar kompetensi lulusan (SKL)
Pengertiannya adalah:
Ketentuan pokok untuk menunjukkan kemampuan melaksanakan tugas atau pekerjaan setelah mengikuti serangkaian program pembelajaran.
Cocokpedia
Cocokpedia Dapur Mikir

Post a Comment for "Daftar Istilah Penting dalam Pendidikan"