Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Doakan Gurumu, maka Terhubung Keberkahan Ilmunya Denganmu


 


Doakan Gurumu, maka terhubung keberkahan ilmunya denganmu: inilah yang dapat kupesankan kepada murid-murid di seluruh Indonesia (bahkan seluruh dunia). Ilmu yang kamu pelajari dan peroleh bersama gurumu akan berkah dan manfaat hari ini dan kelak. Oleh sebab itu, maka muliakanlah gurumu setidaknya dengan doa.

Dalam kitab karya Imam Jalaluddin As-Suyuthi yang berjudul Lubab Al-Hadits telah ditulis bahwa pahala memuliakan guru tak lain adalah surga dari dasar sabda Kanjeng Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam, yakni: “Barangsiapa memuliakan orang berilmu (guru), maka sungguh ia telah memuliakan aku (Kanjeng Nabi). Barangsiapa memulikan aku, maka sungguh ia telah memuliakan Allah. Barangsiapa memuliakan Allah, maka tempatnya di surga.”

Doa apa yang harusnya dipanjakan kepada Tuhan untuk gurumu? Inilah doa yang dicontohkan Syekh Abdul Fattah Abu Guddah dalam catatan kaki kitab Risâlah al-Mustarsyidin sebagai berikut:


اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِمَشَايِخِنَا وَلِمَنْ عَلَّمَنَا وَارْحَمْهُمْ، وَأَكْرِمْهُمْ بِرِضْوَانِكَ الْعَظِيْمِ، فِي مَقْعَد الصِّدْقِ عِنْدَكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ


Allâhumma-ghfir li masyâyikhinâ wa liman ‘allamanâ wa-rhamhum wa akrimhum biridlwânikal ‘adhîm fî maq’adish shidqi ‘indaka yâ arhamar râhimiîn.

Artinya, “Wahai Allah ampunilah guru-guru kami dan orang yang telah mengajar kami. Sayangilah mereka, muliakanlah mereka dengan keridhaan-Mu yang agung, di tempat yang disenangi di sisi-Mu, wahai Yang Maha Penyayang di antara penyayang.”

Atau kalau doa di atas menurut kalian sulit dihafal, baca saja atau salin agar mudah dibaca. Atau berdoa untuk kebaikan gurumu dengan menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa ibu. Atau kalau tidak mau repot, kirimilah suratul Fatihah untuk gurumu. Tidak sulit bukan?

Manfaat kamu mendoakan gurumu antara lain adalah, Pertama: agar ilmu yang kamu peroleh diberi keberkahan oleh Tuhan dan manfaat; Kedua: agar ilmu gurumu tetap terhubung denganmu sehingga kamu tidak mudah lupa dan mudah mempelajari sesuatu; dan ketiga: itulah adab terbaik yang dapat kamu lakukan untuk tanda terima kasih kepada gurumu.

Jangan pelit kepada gurumu. Jangan sungkan-sungkan membawakannya ketulusanmu walau sebutir permen. Jangan pelit untuk membuatnya tersenyum bahkan jangan pelit untuk sekedar mendoakannya selepas kamu salat. Itu tanda bahwa kamu menyayangi gurumu sama seperti menyayangi kedua orang tuamu. Bukankah guru adalah orang tuamu di sekolah?

Salah satu adab murid kepada guru adalah mendoakannya yang terbaik bagi umurnya, bagi sehatnya, dan bagi kesejahteraannya. Doa baikmu pasti kembali kepadamu. Kamu takkan pernah rugi. Yakinlah dan rasakan perubahannya setelah kamu mengamalkan pesan ini. Siap?

 

 Sumber foto: https://www.popmama.com/kid/


Cocokpedia
Cocokpedia Dapur Mikir

Post a Comment for "Doakan Gurumu, maka Terhubung Keberkahan Ilmunya Denganmu"