Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Alternatif Kegiatan Siswa Saat Menunggu Rapotan: Berliterasi



Jadwal penerimaan raport (rapor / rapot) di berbagai daerah berbeda-beda bergantung kalender pendidikan yang merujuk pada kalender pendidikan masing-masing provinsi. Bisa jadi jadwal penerimaan rapot sama sekali berbeda dengan rujukan dari provinsi bergantung dinas pendidikan setempat. Jadwal penerimaan Raport siswa lo ya berbahasa Indonesia bukan english raport atau krypto raport. Rapot hasil belajar satu semester tahun 2021.

Nah, sambil menunggu hari rapotan, biasa di sekolah ada beberapa kegiatan khusus misal pengayaan (remidi) untuk siswa yang capaian kompetensinya kurang. Ada yang kegiatan lain yang produktif misalnya proyek dan sebagainya.

Postingan ini sekedar memberikan satu alternatif kegiatan bagi siswa yakni kegiatan literasi. Kegiatan literasi adalah kegiatan tidak sekedar membaca, tapi dapat beroleh manfaat dari bahan yang dibaca. Di bawah ini akan dibagikan tautan atau link buku bacaan menarik. Buku tersebut berbentuk digital, tapi tidak berbentuk buku pdf seperti biasanya. Buku digital pada postingan ini berbentuk buku virtual. Saya menyebutnya buku ajaib atau magic books. Buku dalam bentuk virtual layak seperti buku biasa yang bisa kita sentuh dan buka lembar demi lebar seperti buku biasa, hanya saja berbentuk virtual atau digital.

Baiklah berikut beberapa judul buku bacaan untuk siswa yang bisa dijadikan kegiatan selama menunggu pembagian rapot bisa digunakan juga saat liburan. Ini buku bacaan baik untuk menemani

siwa di rumah atau di sekolah (kelas) bahkan saat liburan. Membaca jadi kegiatan yang menyenangkan karena buku adalah teman yang baik dan setia. Buku adalah jendela pengetahuan. buku juga kado terbaik. Berbelanja buku juga kegiatan belanja yang bermutu.

Berikut beberapa judul yang dapat saya bagikan. Selamat membaca. Semangaaat!

Iva & Pinky


Asal Usul Burung Hantu


Pak Belalang


Bingkisan untuk Dirga


Bazar


Cempluk Ingin Menari


Alia Juga Berani


Lezatnya Sambal Seruit


Bukan Salah Laba-Laba


Hana Lapar


Kaghati Kolope


Bintang Penunjuk Arah


Kenduri Blang


Balapan Sampah


Dongeng untuk Santi


Aku Sayang Kakak


Hilo dan Bakso


Biru dan Nyiur


Mio Tak Sendiri


Ada Apa dengan Gugu


Ada Apa Sih Ada Apa Si

Kalau mau baca yang berbahasa Inggris (english book stories) di sini:

Magic Book: Homework Yuck

Magic Book: HAMMY THE HAMSTER

Magic Book: THE CASE OF THE MISSING SMILE

Kemudian apa tindak lanjut setelah siswa membaca buku ajaib di atas? Terserah Bapak Ibu guru. Siswa dapat menceritakan kembali dengan kalimatnya sendiri, meringkas, menyebutkan tokoh, karakter tokoh, pesan apa yang disampaikan buku, dan sebagainya.

Demikian, terima kasih sudah berkunjung ke ruang guru. Semoga bermanfaat. (https://ruangguru.cocokpedia.net) Sampai jumpa.

Sumber gambar: https://www.hipwee.com/
ck; text-align:center;'/>
Cocokpedia
Cocokpedia Dapur Mikir

Post a Comment for "Alternatif Kegiatan Siswa Saat Menunggu Rapotan: Berliterasi"