Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Liburan Hampir berakhir, Siapkan 5 Hal Penting untuk Anak Sekolah



Bapak ibu guru dan Bapak Ibu walimurid, liburan sekolah semester 2 hampir usai, saatnya memersiapkan perangkat pembelajaran yang dibutuhkan ananda untuk semester 2 tahun pelajaran 2021-2022. Tapi, postingan ini khusus yang sekolah atau lembaga pendidikannya mengikuti jadwal libur kalender pendidikan. Bagi yang belum libur, tidak berlaku postingan ini.

Nah, perangkat pembelajaran apa saja yang perlu dipersiapkan guru atau orang tua walimurid untuk ananda? Berikut daftar perangkat belajar yang harus disiapkan ananda.

1. Baju seragam dan kelengkapannya

Bapak Ibu perlu memeriksa apakah baju seragam, sepatu, dan lain-lain masih layak dipakai? Kadang ananda sepatunya bolong, tapi tidak memberitahu bapak ibu. Ada juga yang baju seragamnya mengecil karena badan ananda makin membesar, dan sebagainya. Ada baiknya diperiksa kembali kemudian menyetrikanya dengan rapi sehingga siap ketika ananda masuk pertama kali di semester 2 ini.

Periksa juga apakah tanda identitas kelas dan label sekolah sudah terpasang dengan benar pada baju seragam? Apakah tanda kecakapan umum juga sudah terpasang pada baju seragam Pramuka?

Periksa pula apakah tali sepatu ananda lengkap sepasang? Dan sebagainya.

2. Alat tulis dan kelengkapannya

Alat tulis dan kelengkapannya juga harus diperiksa. Ada sebagian ananda yang buku tulisnya campuran. Materi tematik bercampur dengan mata pelajaran lain. Hal ini harus dibenahi diperbaiki sehingga membantu fokus ananda saat mempelajarinya kembali kelak.

Alat tulis selain buku juga diperiksa seperti pensil, apakah sudah diraut agar runcing? Apakaha pensilnya sudah punya teman karet penghapus (sehingga tidak menggunakan ludah atau karet gelang). Saya tidak menyarankan ananda dibelikan tip-x karena biasanya anak-anak mencorat-coret bangku dan kursi dengan tip-x.

Alat tulis lain: ballpoin. Periksa apakah ballpoint nya tidak bocor? Usahakan beli yang di atas harga 3 ribu karena di bawah harga itu sering bocor dan bisa mengenai seragam ananda.

Untuk buku tulis, sebaiknya bapak ibu benahi agar terpisah buku tulis materi tematik dengan mata pelajaran. Jadi setidaknya ananda mempunyai buku catatan tema, buku catatan PAI, buku catatan Matematika, buku catatan PJOK, buku catatan bahasa Inggris (kalau ada), dan buku catatan lain selain tematik sesuai jadwal sekolah.

3. buku murid (paket atau digital)

Mengenai buku murid atau siswa ini, biasanya diberikan saat pertama kali ananda masuk sekolah. Ada pula guru yang memberikannya sebelum awal masuk sekolah yakni berupa digital (pdf). Buku versi digital ini sebaiknya sudah dimiliki ananda (yang versi pdf) sebelum awal masuk sekolah. Berikut tautan buka murid atau siswa.

DOWNLOAD BUKU SISWA

 💖 DOWNLOAD HERE 💖


4. Rapor atau rapot sudah ditandatangani

Selanjutnya adalah buku raport (rapot), tapi ini bagi yang sudah terima rapor. Ada baiknya bapak ibu periksa teliti takut ada kesalahan atau nilai yang kurang tepat sesuai kemampuan ananda. Atau salah ketik nama atau identitas lain ananda.

Jangan lupa pula rapor ini ditandatangani dan disertakan nama terang penanda tangan. Jangan sampai terjadi ananda yang menandatanganinya sendiri. Sebaiknya pula bapak ibu membimbing cara membuat tanda tangan karena si sekolah biasanya tidak diajarkan cara membuat tanda tangan. Hanya guru yang ….yang mengajarkan cara membuat tangan tangan kepada ananda.

5. Diskusi dengan ananda

Perlu juga diskusi dengan ananda dilakukan misalnya terkait nilai atau pencapaian kompetensi pada semester 1. Apa yang harus diperbaiki atau ditingkatkan nilainya. Mengenai sikap juga perlu didiskusikan. Harus ada sikap baru yang akan dibudayakan di rumah, dari rumah, di sekolah, dari sekolah, dan di masyarakat. Agar berguna keberadaan kompetensi inti 2 (KI-2) di rapor.

Misalnya menambah jumlah sahabat. Kita tahu ananda pasti punya teman, tapi yang setingkat sahabat sangat sedikit. Sangat baik jika semester ini ananda mampu membuat jalinan sahabat. Saling ingat ulang tahun teman, saling berbagi kado atau hadiah, berbagi uang saku, dan sebagainya hal yang baik. Diskusikan tentang apa saja sebelum diputuskan dan sebelum masuk sekolah lagi. Termasuk apakah akan ada kenaikan uang saku atau tidak? 

Demikian Bapak Ibu guru atau walimurid yang dapat disampaikan pada postingan ini. Adapun kekurangannya dapat Bapak Ibu guru atau walimurid tambahi sendiri. Terima kasih atas kunjugannya.

 

Sumber gambar: https://www.radarcirebon.com/

Cocokpedia
Cocokpedia Dapur Mikir

Post a Comment for "Liburan Hampir berakhir, Siapkan 5 Hal Penting untuk Anak Sekolah"