Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Nadiem Diisukan Reshuffle, Merdeka Belajar Berlanjut?



 

Nadiem Diisukan Reshuffle, Merdeka Belajar Berlanjut?. Inilah yang menjadi isu hangat bulan ini. Program merdeka belajar adalah satu konsep yang dicanangkan dan baru dilaksanakan saat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dijabat oleh Nadiem Makarim.

Apa itu merdeka belajar ? Merdeka Belajar adalah slogan Sekolah Cikal yang dipinjam sebagai program kebijakan baru Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Kabinet Indonesia Maju, oleh Nadiem Anwar Makarim. Esensi merdeka belajar ialah kemerdekaan berpikir, menurut Nadiem, tapi harus didahului guru sebelum mengajarkannya pada para murid.

Menurut Nadiem pada tahun mendatang, sistem pengajaran dan kurilukum juga akan berubah dari yang awalnya bernuansa di dalam kelas menjadi di luar kelas. Konsep merdeka belajar akan membentuk suasana belajar kan lebih nyaman, murid dapat berdiskusi lebih baik dengan guru, belajar dengan outing class, dan tidak hanya mendengarkan penjelasan guru, tapi lebih pada pembentukan karakter pelajar Pancasila.

Merdeka belajar diusung oleh Mas Menteri atau Mas Nadiem. Merdeka belajar adalah menjadi solusi peningkatan mutu pendidikan di Indonesia dengan akan dilengkapi dengan kurikulum 2022 (K22). Merdeka belajar kampus merdeka selaras dari tingkat atau jenjang pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi. Saat ini sedang dipersiapkan kurikulum merdeka belajar yang nantinya akan disebut sebagai kurikulum 2022 (K22).    

Semua rencana di atas tentu sangat baik. Karena merupakan hal baru, tentunya akan menjadi semangat baru bagi guru sehingga kemudian kementerian mendidik sebagian para guru di Indonesia dengan program Sekolah Penggerak dan Guru Penggerak serentak di seluruh Indonesia. SDM dan kurikulumnya tengah disiapakan. Pertanyaan berikutnya adalah jika Nadiem Anwar Makarim, selaku pucuk pimpinan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Kabinet Indonesia Maju direshuffle akankah semua mimpi tersebut menjadi kenyataan?

Nadiem Anwar Makarim, atau Mas Menteri, terancam reshuffle menurut ahli politik karena ia tidak diusung oleh partai politik. Inilah yang menjadi alasan utama Nadiem Anwar Makarim atau Mas Menteri ada dalam daftar reshuffle.

Ada pun alasan lain Nadiem Makarim, menteri pendidikan 2021 terkena isu reshuffle adalah Pasalnya, kinerja Nadiem Makarim selama menjabat tugas menteri pendidikan dinilai kurang memuaskan bagi masyarakat.

Bagaimana dengan nasib merdeka belajar, profil pelajar Pancasila, kampus merdeka, sekolah penggerak, guru penggerak, guru pengajar praktik, permendikbud kekerasan seksual di kampus, dan sebagainya? wallahu a’lam bissawaab. 


Sumber gambar  Instagram @nadiemmakarim/

ck; text-align:center;'/>
Cocokpedia
Cocokpedia Dapur Mikir

Post a Comment for "Nadiem Diisukan Reshuffle, Merdeka Belajar Berlanjut?"