Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penguatan Pembelajaran Nilai dan Moral Pancasila di Satuan Pendidikan




Penguatan Pembelajaran Nilai dan Moral Pancasila di Satuan Pendidikan merupakan arahan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi sejak tahun 2019. Kebijakan tersebut dinaungi oleh Visi Misi Presiden RI melalui PPK (Penguatan Pendidikan Karakter). 

Dalam latar belakang panduan Penguatan Pembelajaran Nilai dan Moral Pancasila di Satuan Pendidikan disebutkan bahwa Pembelajaran nilai moral Pancasila pada satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), pendidikan dasar dan menengah, serta Pendidikan Luar Biasa (PLB) dilaksanakan melalui pembelajaran secara langsung (direct) pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, dan secara tidak langsung (indirect) melalui integrasi ke dalam mata pelajaran lain. Tanpa mengurangi arti dari pembelajaran yang saat ini berlangsung pada satuan pendidikan, munculnya kejadian dan gejala degradasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, memerlukan suatu sikap dan kebijakan untuk melakukan penguatan nilai moral Pancasila.

Penguatan nilai moral Pancasila diperlukan sebagai salah satu wahana sosiopedagogis pembentukan identitas, kepribadian, dan moralitas generasi muda Indonesia menyiapkan diri untuk keberlanjutan kepemimpinan bangsa. Internalisasi nilai moral Pancasila merupakan awal untuk melakukan penguatan nilai moral Pancasila. Untuk itu diperlukan pemahaman dari seluruh unsur pemangku kepentingan pendidikan, khususnya kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan. Penguatan nilai moral Pancasila dikembangkan secara sinergis dan interaktif melalui beragam kegiatan, seperti intrakurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler, dan budaya satuan pendidikan serta dalam kegiatan pembelajaran yang bermakna.

Penguatan nilai moral Pancasila dikembangkan melalui aktualisasi nilai moral Pancasila yang berwujud program terstruktur, pembiasaan, keteladanan, dan pengkondisian ekosistem sekolah dengan dukungan kepala satuan pendidikan, pendidik, dan tenaga kependidikan. Penguatan nilai moral Pancasila perlu didukung dengan penciptaan kenyamanan dan keramahan lingkungan yang mengundang (inviting) sehingga sekolah dirasakan sebagai rumah kedua (second home). Dengan demikian keterlibatan proaktif Komite Sekolah/Madrasah sangat dibutuhkan.

Secara tegas dalam panduan penguatan pembelajaran nilai dan moral Pancasila menyatakan bahwa Bersikap dan berperilaku sesuai nilai moral Pancasila dalam kehidupan sehari-hari tidak sekadar tulisan dan perkataan. Menanamkan nilai moral Pancasila sejak dini di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat dengan fondasi ajaran agama. Pendidikan nilai moral Pancasila merupakan tanggung jawab negara, masyarakat, sekolah, dan keluarga.

Selengkapnya mengenai arahan dan aturan tersebut dapat dibaca pada tautan di bawah ini.

Penguatan Pembelajaran Nilai dan Moral Pancasila di Satuan Pendidikan


Cocokpedia
Cocokpedia Dapur Mikir

Post a Comment for "Penguatan Pembelajaran Nilai dan Moral Pancasila di Satuan Pendidikan"