Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sekolah Robotic (Robot School) di Indonesia Masih Dikelola Swasta

 



Sekolah Robotic (Robot School) di Indonesia Masih Dikelola Swasta menjadi judul artikel robotika kali ini. Benar. di Indonesia ada sekolah robotic. Hanya saja masih dikelola oleh plat kuning atau swasta. Pemerintah belum tertarik menyentuh bagian ini padahal sudah menuju era industri 4.0. Sekolah robotic yang dikelola pihak ketiga ini dua jenis pelaksanaan. Ada yang tatap muka ada yang versi daring atau online. Beberapa sekolah robotic di Indonesia yang eksis sampai sekarang adalah Sekolah Robot Indonesia dan Sekolah Robot

Apakah pendidikan kita memerlukan keahlian dan keterampilan robotic sejak dini? Tentu. Ini adalah bekal berharga bagi anak-anak (TK dan SD) tidak sekedar bermain robot, tapi bisa membuatnya. Kelak jika mereka sudah dewasa, mereka bisa memroduksi banyak robot untuk membantu mempermudah dan memperingan pekerjaan manusia. Lebih-lebih lagi, ada wacana dan rencana pemerintah, ASN akan digantikan dengan robot.

Apa itu sekolah robotic atau Robot School? Robot school atau robotic adalah bimbingan teknis bagi anak usia dini, dimulai dari PAUD hingga sekolah dasar. Ada yang daring ada pula yang tatap muka. Sekolah robot di Indonesia masih berbayar dan tergolong sangat mahal.

Apa saja yang akan diproduksi anak usia SD? Untuk usia SD materi sekolah robot yang akan diberikan adalah contoh robotika dasar berikut.

Membuat berbagai macam aplikasi sederhana/analog. seperti membuat Lampu Warna Warni, Bell Rumah, Alarm Maling Sederhana, Sistem Kerja Motor DC, Robot Berkaki Sederhana, Tombol Cerdas Cermat, Lampu Flip-Flop, Pengatur Kecepatan Kipas, Saklar Lampu Otomatis, Robot Kecoa dan sebagainya.

Membuat berbagai aplikasi berbasis Arduino dengan Pemrograman Secara Grafis: seperti deteksi, kebocoran Gas, deteksi Tsunami, Pengukur Tinggi Badan Digital, Kunci Pintu dengan Password, Jam Digital, dan sebagainya.

Membuat berbagai aplikasi berbasis Arduino dengan Pemrograman Bahasa C: seperti Alarm Kebakaran, Pendeteksi Banjir, Alat Penghitung Pengunjung Toko, Robot Belalang, pengontrol alat Rumah Tangga, Display Tulisan Berjalan, dan sebagainya. 

Mengapa robotic penting? Berikut penjelasan dari dua sekolah robot di atas.

a. Merangsang rasa ingin tahu dan pertumbuhan intelegensi.

b. Melatih berpikir secara sistematis dan terstruktur.

c. Melatih motorik halus.

d. Merangsang kemampuan berkreativitas, kemampuan berinovasi, dan kemampuan memecahkan masalah

e. Melatih kemampuan kerjasama tim, team work.

f. Melatih kesabaran menghadapi situasi proses trial and error.

g. Membuat robot yang berguna bagi masa depan misal robotic toys, robotic vacuum, robotic alat rumah tangga, ai robotic, bahkan robotic artificial intelligence seperti rencana pemerintah, dan sebagianya.

Mengingat begitu banyaknya manfaat belajar robotic bagi anak usia dini ini terutama robotik dasar, maka belajar robotik memang perlu dimulai sejak usia dini. Sebab semakin dini usia anak dalam belajar teknologi maka semakin alami caranya dalam menguasai teknologi.

Berikut contoh video robotic dari sekolah robot.

Video di atas adalah contoh sekolah robotika Surabaya, Jawa Timur.




Sumber gambar:

https://www.youtube.com/watch?v=KW7dVzkwNHM

https://ekonomi.bisnis.com/





Cocokpedia
Cocokpedia Dapur Mikir

Post a Comment for "Sekolah Robotic (Robot School) di Indonesia Masih Dikelola Swasta"