Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Story Telling (Mendongeng) Audiobook (Lisan)



Story Telling (Mendongeng) Audiobook (Lisan) atau mendongeng secara lisan yang diunggah secara digital masih belum banyak di Indonesia. Apa karena tingkat literasinya rendah seperti yang hasil penelitian PIZA? Lol.

Namun, jangan kuatir. Masih ada kok penyedia bahan audiobook story telling. Kebanyakan dalam bentuk video di youtube atau channel youtube. Kita sepakati saja story telling digital ini sebagai audiobook. Nanti saya berikan yang rekomended audiobooknya. Tenang.

Ketika kita menelusur ke mesin pencarian dengan mengetik kata-kata audiobook indonesia free, audiobook indonesia, free audiobook, tidak ada yang benar-benar berbahasa Indonesia. Orang-orang kita tidak banyak yang membuat audiobook. Mungkin karena merasa tidak ada yang bayar padahal kalau sukses, akan dibayar oleh google. Audiobook berbahasa Indonesia hanya banyak kita temui di youtube.

Tapi, kalau memang niat untuk mencari audiobook yang berbahasa Indonesia bisa kita temukan di aplikasi playstore. Ada banyak, yang bayar dan sangat sedikit yang gratis. Orang Indonesia kan suka barang gratisan. Lol. Cari saja di plyastore dengan kata kunci aplikasi audiobook indonesia, maka akan muncul banyak pilihan. Tinggal install (pasang aplikasi).

 

Kalau audiobook bahasa Inggris sangat banyak kita temukan dan ceritanya bagus-bagus. Kendalanya, sangat sedikit dari kita yang mahir atau setidaknya mampu berbahasa Inggris aktif. Salah satu penyedia audiobook dalam bahasa Inggris adalah 123 audiobooks dan ejunto audiobook.

Mengapa harus dibuat audiobook? Sebenarnya latar belakang dibuatnya audiobook sebagai pengganti cara baca saja agar kebiasaan membaca tetap bisa jadi budaya. Sekali baca buku sekali mendengarkan orang membaca buku. Selang seling kegiatan agar budaya baca tetap menjadi kegiatan yang menyenangkan. Bagaimana? Setuju? Ya, iyalah kan enak ada yang bacakan buku secara gratis. Tidak perlu menunggu emak-emak yang bacakan kepada anak mereka menjelang tidur. Kita bisa mendengarkan orang mendongeng atau bercerita atau membacakan isi buku kapan saja dan di mana saja. Gratis lagi. Tapi, lagi-lagi syaratnya harus punya KUOTA INTERNET.

Kuota internet sekarang menjadi kebutuhan pokok layaknya nasi bagi orang Indonesia. Tidak apa kan membelanjakan kuota untuk kegiatan atau hal yang baik? Biar berkah! Hehehe.

Baiklah inilah salah satu contoh audiobook berbahasa Indonesia dengan judul: Kancil dan Pak Tani | Dongeng AnakBahasa Indonesia Sebelum Tidur | Cerita Rakyat Dongeng Nusantara. Cerita audiobook ini diambil dari channel: Riri Cerita Anak Interaktif, yang saat ini memiliki 694 ribu subscriber dan jumlah penontonnya 5 juta 400 orang.

Ini dia cerita audiobook Kancil dan Pak Tani | Dongeng Anak Bahasa Indonesia Sebelum Tidur | Cerita Rakyat Dongeng Nusantara.

 

 

Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat. Ditunggu kunjungannya kembali.

Cocokpedia
Cocokpedia Dapur Mikir

Post a Comment for "Story Telling (Mendongeng) Audiobook (Lisan)"