Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Yuk, Berkemah Mengisi Liburan Sekolah di Rumah Seru-seruan



Yuk, Berkemah Mengisi Liburan Sekolah di Rumah Seru-seruan bisa bersama saudara, ayah bunda, atau teman kelas. Berkemah memang menjadi pilihan sangat menarik apalagi saat libur tapu tidak boleh kemana-mana.

Saat pandemi atau ada pembatasan, berkemah di halaman rumah pasti sangat menarik. Seru-seruan bersama saudara, teman, atau pun ayah bunda. Apa yang perlu dipersiapkan? Tentu yang pertama kalian harus mempunyai tenda. Jika tidak punya bagaimana, tapi ingin berkemah?

Jangan kuatir, pasti ada banyak persewaan tenda untuk berkemah. Browsing atau googling saja, pasti ketemu kok. Atau, pinjam saja ke teman atau keluarga dekat yang punya tenda untuk kemah.

Nah, kalau sudah punya atau pinjam atau sewa, apa yang harus dilakukan? Ikuti langkah-langkah berikut.


1. Memilih tempat

Pilihlah tempat yang tepat. Artinya tepat misal bukan tempat yang tidak rata, atau banyak batunya. Carilah tempat yang datar, tidak banyak tumbuhan liar.


2. Dirikan tenda

Hal kedua setelah menentukan tempat yakni mendirikan tenda. Kalau kalian sering ikut latihan Pramuka, tentu sudah diajarkan cara mendirikan tenda untuk berkemah.

Kalau kesulitan, tonton saja tutorialnya di youtube oke? Dulu, sebelum ada tenda praktis seperti sekarang, kakak-kakakmu mengadakan kemah dengan menggunakan kain (sampir) kepunyaan nenek. Kain atau sarung itu kemudian disatukan pake peniti atau sekedar diikat. Biar bisa jadi kemah sederhana.

Setelah tenda atau kemah berdiri kemudian lengkapi dengan tikar. Di atas tikar yang sudah digelar, boleh kalian tambahi dengan kasur tipis.

Persiapkan pula lampu gantung. Lampu ini diperlukan jika hari sudah gelap atau malam. Persiapkan juga lampu senter. Jika butuh mencari sesuatu di dalam tenda, akan sangat membantu menemukannya.


3. Buat api unggun kecil

Dalam kegiatan kemah, api unggun adalah daya tarik utama yang menyenangkan. Di dekat api unggu kita bisa bermain atau baca puisi atau bernyanyi. Berkemah tanpa api unggun seperti makan tanpa lauk kan? Bagaimana membuat api unggun?

Ada hal yang perlu diperhatikan dalam membuat api unggun. Pertama, kayu harus kering. Kedua, jarak api unggun ke tenda jangan terlalu dekat. Nanti bisa kebakaran lo. Ketiga, dampingi orang tua atau kakak.

Guna api unggun selain sebagai penghangat juga dapat digunakan untuk memasak lo. Maka perlu disediakan alat masak, dan bahan makanan instan yang mudah dimasak.

 

4. Buat jadwal kegiatan dan permainan

Nah, seperti sedang berkemah di Pramuka, kalian perlu membuat jadwal kegiatan. Mengapa? Agar kegiatan berkemah bermakna dan juga dapat melatih kedisiplinan kalian. Misalnya, jadwal bangun pagi kemudian salat Subuh, jadwal sarapan, senam pagi, bermain dan sebagainya harus ada di jadwal dan diikuti.

Dalam jadwal juga tertera tanggal dan hari, sampai kapan kalian berkemah dan mengakhirinya. Rancang dulu oke?

 

Itulah cara berkemah di rumah mengisi liburan sekolah. Semoga bermanfaat. Kunjungi terus ruangguru.cocokpedia.net ya.


Sumber gambar:

https://www.99.co/blog/indonesia/gambar-desain-tenda-glamping/

Cocokpedia
Cocokpedia Dapur Mikir

Post a Comment for "Yuk, Berkemah Mengisi Liburan Sekolah di Rumah Seru-seruan"