Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Tokoh dalam Buku Tematik K13 Siap Meninggal Loh

 

Buku  tematik K13 (Kurikulum 2013) di SD memiliki kekhasan tersendiri. Salah satunya adalah adanya  7 tokoh anak yang mewakili keberagaman suku, budaya, dan agama. Kalau pada buku pelajaran masa lalu juga terdapat tokoh di dalamnya seperti Budi, adik Budi, Ani, kakak Budi, Ibu Budi, Bapak Budi, dan sebagainya. Dari tokoh tersebut tidak jelas secara identitas. Juga tidak tampak keberagamannya.

Namun pada buku  tematik K13 (Kurikulum 2013) SD di semua kelas terdapat 7 tokoh dengan keberagamannya. Keenam tokoh yang dimaksud adalah Dayu, Udin, Lani, Edo, Lani, Beni, dan Siti. Kehadiran mereka dalam buku  tematik K13 (Kurikulum 2013) SD mempresentasikan pendidikan ke-Bhinnekatunggalika-an Indonesia.




Siapakah ke 7 tokoh dalam buku tematik K13 (Kurikulum 2013) SD? Inilah mereka.

1. Siti



Dalam buku tematik K13 (Kurikulum 2013) SD Siti digambarkan sebagai  anak perempuan Jawa yang berhijab atau berjilbab. Siti mewakili anak muslimah atau beragama Islam. Tentu merujuk bahwa di Pulau Jawa ada banya nama Siti semisal Siti Fatimah, Siti Aisah, Siti Asiah, Siti Aminah, dan sebagainya. Dalam buku tematik K13 (Kurikulum 2013) SD  Siti seringkali  menjadi pemimpin teman-temannya dalam melakukan diskusi, mengerjakan tugas kelompok, hingga bermain permainan olahraga. Siti juga sering muncul pada tematik K13 (Kurikulum 2013) SD  di bagian ayo Renungkan pada setiap pembelajaran.

2. Udin



Siapakah Udin? Udin mewakili tokoh anak-anak muslim luar Jawa seperti Sumatra, Bali, Sulawesi, dan NTB. Mungkin nama udin lengkapnya adalah Zainudin, Hasanuddin, atau Burhanudin. Pahlawan Ayam Jantan dari Timur siapa lagi kalau bukan Sultan Hasanudin. Bukankah dari Sulawesi? Udin digambarkan sebagai anak laki-laki berkacamata dengan rambut belah tengah. Pada buku tematik K13 (Kurikulum 2013) SD Udin sering  muncul pada bagian Ayo Kerja Sama dengan Orang Tua.

3. Lani



Lani mewakili ragam dari anak beretnis Tionghoa, yang beragama Buddha atau Konghuchu. Lani secara fisik digambarkan sebagai anak perempuan berambut sebahu, mengenakan bando, dan bermata sipit. Tokoh Lani biasanya mucul pada bagian Ayo Menulis pada buku tematik K13 (Kurikulum 2013) SD  setiap pembelajaran.

4. Dayu



Nama Dayu mewakili etnis Bali dan beragama Hindu. Dayu digambarkan sebagai  anak perempuan. Dayu berasal dari nama  Ida Ayu, nama yang banyak digunakan di Bali. Dayu secara fisik digambarkan sebagai anak perempuan, berambut panjang, dan berbando cantik di kepalanya. Pada buku tematik K13 (Kurikulum 2013) SD Dayu sering muncul pada ritual adat Bali yang disaksikan oleh tokoh-tokoh lainnya.

5. Beni



Dalam pembelajaran pada buku tematik K13 (Kurikulum 2013) SD jika ada Lani, tentu ada Beni. Beni juga beretnis Tionghoa, Beni mewakili represtasi dari laki-laki yang beragama Nasrani (bisa Kristen Protestan atau Katholik). Beni biasanya  sering muncul pada pembelajaran muatan Penjaskes atau PJOK.

 

6. Edo



Edo Kondologit adalah penyanyi terkenal dari Papua. Munculnya tokoh Edo dalam buku tematik K13 (Kurikulum 2013) SD terinspirasi penyanyi ini. Edo mewakili anak-anak Indonesia timur, yakni Maluku, Papua, dan NTT. Tokoh Edo secara fisik digambarkan sebagai seorang anak berkulit hitam dan berambut keriting.

7. Meli



Tokoh Meli ini tak ada yang membahas kehadirannya. Banyak artikel tentang tokoh dalam buku tematik K13 (Kurikulum 2013) SD hanya menyebut ada 6 tokoh, tapi mengapa kemudian muncul tokoh Meli? Ada yang tahu tentang latar belakang Meli? Kalau ada silakan kirim masukannya melalui komen ya. Terima kasih. 

Ke 6 tokoh selalu muncul bergantian pada buku tematik K13 (Kurikulum 2013) SD, kecuali Meli. Ada apa dengan Meli? Mengapa ia muncul kemudian menghilang? Atau masih ada, tapi tidak jelas siapanya.

Kemunculan atau kehadiran mereka dalam buku tematik K13 (Kurikulum 2013) SD berfungsi untuk menguatkan tema pada pembelajaran. Mereka muncul secara bergantian pada setiap pembelajaran. Biasanya, pada awal pembelajaran seperti pembelajaran 1 subtema 1 diawali dengan kemunculan salah satu atau dua dari mereka.

Hanya saja menurut saya, keberadaan 7 tokoh dalam buku  tematik K13 (Kurikulum 2013)  SD tidak begitu berfungsi dengan baik. Hanya sebatas layaknya iklan yang muncul. Sebenarnya keberadaan mereka dalam buku  tematik K13 (Kurikulum 2013)  SD sama dengan keberadaan wayang dalam pertunjukan utuh pagelaran wayang. Utuh ceritanya, konfliknya lengkap, alurnya jelas, latarnya pun ada, dan sebagainya.

Keberadaan 7 tokoh tersebut pada tematik K13 (Kurikulum 2013) SD sebenarnya sangat tepat dan bisa menjadi jembatan ingatan bagi siswa atau murid untuk mengingat materi pembelajaran yang sudah dilaluinya. Keberadaan 7 tokoh tersebut ibarat tombol yang dapat membuka file atau folder dari materi yang disajikan dari masing-masing tema pada buku tematik K13 (Kurikulum 2013) SD.

Sayang keberadaan mereka tidak banyak dieksplorasi dengan baik sehingga kemunculannya hanya sekedar saja seperti iklan kecap atau sabun mandi. Baik, mungkin itu saja sekilas tentang 7 tokoh dalam tematik K13 (Kurikulum 2013) SD buku tema atau buku paket yang sekarang masih digunakan. Siapa tahu tiba-tiba harus ganti kurikulum dan menggunakan buku baru kurikulum baru 2022, setidaknya kita bisa mengenang meninggalnya 7 tokoh dalam buku tematik tematik K13 (Kurikulum 2013) SD7 Tokoh dalam Buku Tematik K13 Siap Meninggal.

 

Cocokpedia
Cocokpedia Dapur Mikir

Post a Comment for "7 Tokoh dalam Buku Tematik K13 Siap Meninggal Loh"