Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Anak-anakku, Belajar Mandiri Yuk! (Kelas Awal SD)


Apakah selama ini kalian seluruh kesiapan sekolah kalian dipersiapkan Bunda? Apakah makan pun masih disuapi? Anak-anakku, Belajar Mandiri Yuk!

Bunda kalian memang teramat sayang kalian, tapi lebih baik lagi jika kalian membantu meringankan pekerjaan Bunda. Salah satunya dengan hidup mandiri. Setidaknya untuk kalian sendiri. Bagaimana? Bersedia? Siap?

Apa saja yang perlu dicoba untuk dilakukan secara mandiri? Pertama, mulai dari bangun tidur. Mulailah berjuang untuk bisa bangun sendiri. Kalau sulit, sediakan alarm yang nyaring. Kalau sudah mendengar alarm, langsung bangun. Jangan bermalas-malasan. Langsung duduk, usap wajah sembari membaca doa bangun tidur. Hafal kan?



Kedua, setelah dirasa sadar dari tidur 100 persen, langsung beranjak ke kamar mandi. Ambil perlengkapan mandi seperti handuk dan lain-lain. Mandilah secara mandiri. Masuklah ke kamar mandi dengan kaki kiri duluan. Nanti keluar dari kamar mandi dengan melangkahkan kaki kanan duluan. Diingat ya.

Ketiga, keluar dari kamar mandi tentu telah siap dengan wudhu dan kerjakan salat Subuh (bagi yang muslim). Selesai salat berdoalah untuk kebaikan dan kesehatan orang tua kalian. Dan niatkan hari itu untuk pergi sekolah menuntut ilmu dengan ridha Tuhan.

Keempat, bersihkan tempat tidur. Kemudian siapkan baju seragam sekolah. Kalau tas dan kelengkapannya sudah harus disiapkan malamnya. Kenakan seragam sekolah secara mandiri. Pasang sepatu juga mandiri. Menyisir rambut juga mandiri. Usahakan semuanya lakukan secara mandiri.

Tentu Bunda dan ayah senang melihatmu mandiri. Kalian akan diceritakan oleh ayah bunda kepada teman-teman mereka bahwa kalian sudah mandiri. Itu bukti kalian siap menghadapi hidup hari itu. Tunjukkan dan lakukan dengan senyum. Jangan anggap pekerjaan mandiri yang kalian lakukan sebagai beban, tapi anggap sebagai ibadah mengharap kasih sayang Tuhan. Itu saja.

Untuk yang mulai mencoba mandiri, semangat ya!


Sumber gambar:

https://www.kibrispdr.org/

Cocokpedia
Cocokpedia Dapur Mikir

Post a Comment for "Anak-anakku, Belajar Mandiri Yuk! (Kelas Awal SD)"