Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Sejatinya Gerakan PPK (Bukan KPK atau PKK)?

Apa itu PPK? PPK singkatan dari Penguatan Pembelajaran Kepribadian yang setelah itu disingkat PPK. PPK merupakan salah satu visi misi Presiden Joko Widodo. PPK tersebut tercantum dalam Gerakan Nasioanl Revolusi Mental ataupun disingkat dengan GNRM.


Apa penafsiran PPK? Definisi PPK merupakan gerakan pembelajaran di satuan pembelajaran( SD/ MI) buat menguatkan kepribadian siswa lewat harmonisasi 4 pilar kekuatan inti pada manusia ialah olah hati( etik), olah rasa( estetik), olah pikir( literasi), serta olah raga( kinestetik). Ke- empat pengolahan tersebut pasti dengan pelibatan publik serta kerja sama antara sekolah, keluarga, serta warga. Sekolah tidak dapat berdiri sendiri dalam menyelenggarakan PPK tersebut.





Olah hati( etik) merupakan orang yang mempunyai kerohanian( religiusitas) mendalam selaku wujud iman serta takwa. Olah rasa( estetik) merupakan orang yang mempunyai integritas moral, rasa berkesenian, serta berkebudayaan. Olah pikir( literasi) merupakan wujud orang sempurna yang memiliki keunggulan akademik selaku hasil pendidikan serta selaku orang pembelajar sepanjanga hayat. Serta, Olah raga( kinestetik) merupakan wujud orang yang sehat serta sanggup berpartisipasi aktif selaku masyarakat negeri.

Ke- empat‘ olah’ tersebut wajib tetap guru hadirkan dalam area kelas, area sekolah serta warga selaku model untuk siswa. Ke- empat‘ olah’ tersebut pula wajib tetap guru sertakan dalam proses pendidikan di dalam kelas ataupun di luar kelas selaku hidden curriculum.

Apa saja nilai yang ada dalam PPK? PPK secara universal mempunyai 5 nilai kepribadian PPK prioritas. 5 nilai utama pembelajaran kepribadian di sekolah. Kepribadian tersebut merupakan religius, nasionalis, gotong royong, integritas, serta mandiri. Nilai religius bermakna selaku wujud orang yang mencerminkan keberimanan terhadapa Tuhan Yang Maha Esa. Nilai nasionalis merupakan perilaku kukuh dalam menempatkan kepentingan bangsa serta negeri di atas kepentingan diri serta kelompok.

Nilai gotong royong berarti perilaku yang mencerminkan aksi menghargai semangat kerjasama serta bahu membahu menuntaskan perkara bersama. Nilai integritas bermakna upaya menjadikan dirinya selaku orang yang senantiasa bisa dipercaya ataupun amanah dalam perkataan, aksi, serta pekerjaan. Serta, nilai mandiri bermakna tidak tergantung kepada orang lain serta mempergunakan tenaga, benak, waktu, buat mewujudkan harapan, mimpi, serta cita- cita. Kelima nilai tersebut jadi nilai kepribadian PPK, contoh ppk, contoh penguatan pembelajaran kepribadian.

Apa khasiat yang diperoleh dengan gerakan PPK tersebut? Terdapat paling tidak 6 khasiat menguntungkan dengan menyelenggarakan Penguatan Pembelajaran Kepribadian. Awal, penguatan kepribadian siswa dalam mempersiapkan energi saing siswa dengan kompetensi abad 21 semacam berpikir kritis, kreatif, sanggup berbicara dengan baik, serta sanggup bekerjasama.

Kedua, dengan PPK pendidikan bisa dicoba terintegrasi di sekolah serta di luar sekolah dengan pengawasan guru. Perihal ini sejalan dengan ruh merdeka belajar pada prinsip kurikulum prototipe 2022.

Ketiga, terdampak terbentuknya reviltalisasi kedudukan kepala sekolah selaku inspirator PPK sekalian manajer sekolah. Keempat, terbentuknya revitalisasi kedudukan komite sekolah selaku tubuh gotong royong sekolah serta partisipasi warga.

Kelima, terjalin penguatan kedudukan keluarga lewat kebijakan 5 hari pendidikan. Terakhir, terbentuknya kerja sama antara pemerintah pusat, wilayah, lembaga warga, pegiat pembelajaran, pegiat kebudayaan, serta sumber- sumber belajar yang lain.

Berikutnya, PPK pula mempunya fokus dalam gerakannya. Terdapat 3 fokus gerakan PPK ialah struktur program pada jenjang pembelajaran bawah, struktur kurikulum, serta struktur aktivitas. Pula ada basis gerakan PPK ialah berbasis kelas, berbasis budaya sekolah, serta berbasis warga.

Program PPK dalam pendidikan pula mengintegrasikan 3 jenis pendidikan. 3 jenis tersebut merupakan integrasi intrakurikuler, kokurikuler, serta ekstrakurikuler. PPK pada intinya jadi poros pembelajaran. Buat menguasai lebih dalam tentang PPK serta seluruh perihal tentangnya bisa ayah bunda guru download infografis tentang PPK program penguatan pembelajaran kepribadian di dasar ini.


Infografis Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter Pdf

 

 

Cocokpedia
Cocokpedia Dapur Mikir

Post a Comment for "Apa Sejatinya Gerakan PPK (Bukan KPK atau PKK)?"