Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Guru Wajib Tahu 10 Tanda yang Terjadi pada Murid

 

Ada 10 tanda dari murid yang harus guru tahu dan terjadi saat pembelajaran. Tanda-tanda tersebut tidak bisa kita abaikan sebagai pendidik dan pengajar di kelas. Guru setiap saat harus melihat wajah mereka, gerak-gerik mereka, dan celetukan mereka dengan teman-temannya.

10 tanda tersebut tentu sudah guru hafal dan sering terjadi di kelas. Melalui postingan artikel ini, saya memutar kembali peristiwa di kelas yang dibina guru denga 10 tanda yang terjadi. Setidaknya 10 tanda yang saya sampaikan nanti menjadi refleksi atas penyelenggaraan pembelajaran yang telah dan yang akan berlangsung nantinya.




Apa saja 10 tanda yang saya maksudkan? Berikut adalah 10 tanda yang terjadi pada murid saat pembelajaran anda selenggarakan di dalam kelas.


1. Jika murid beberapa murid menguap berkali-kali (bahkan tertidur) saat guru mengajar.

2. Jika murid bermain dengan pikirannya sendiri (blank).

3. Jika mereka bahagia dan ceria ketika jam istirahat tiba.

4. Jika murid lebih bersemangat diajak bermain.

5. Jika murid berbicara sendiri saat guru menjelaskan.

6. Jika mata murid terlihat kosong tatapannya.

7. Jika murid asyik dengan mencorat-coret kertas atau bangku.

8. Jika murid secara bergiliran izin ke kamar mandi.

9. Jika murid bertanya kapan jam istirahat tiba.

10. Jika pandangan mereka fokus ke arah lain.

 

Bisakah 10 tanda tersebut kita simpulkan bahwa materi ajar atau cara mengajar guru di dalam kelas tidak menarik bagi mereka para murid? Jika terindikasi jawabannya adalah iya, maka perlu ada perbaikan mengenai pengemasan materi dengan cara atau teknik yang berbeda.

Ada banyak cara yang tentu telah bapak ibu kantongi selama kuliah atau selama mengikuti banyak pelatihan dan pendidikan, atau selama ikut sesi daring, tampaknya perlu dicoba salah satu dari yang bapak ibu miliki.

Bagaimana jika masih terjadi 10 tanda tersebut pada murid? Perlu coba cara lain semisal ajak mereka bermain tapi sebenernya belajar. Ada beberapa tips atau cara nyentrik menyelenggarakan pembelajaran yang menarik. Tentu dengan pendekatan yang humanis dan menyenangkan. Dekatkan mereka dengan dunia mereka yakni bermain.

Ada beberapa artikel yang mungkin bisa menjadi inspirasi bagi bapak ibu untuk dibaca. Artikel tersebut antara lain di bawah ini.


1. Bagaimana menjadi guru yang futuristik

2. Bagaimana menjadi guru yang manusiawi

3. Bagaimana menjadi guru yang revolusioner (Jangan lupa pada bagian ini bersambung, klik next).

4. Bagaimana mencipta kelas merdeka belajar

5. 13 hal receh tapi penting

 

Demikian beberapa hal yang bisa menanggulangi 10 tanda yang muncul pada saat pembelajaran berlangsung. Semoga bermanfaat.

 

 

 

ck; text-align:center;'/>
Cocokpedia
Cocokpedia Dapur Mikir

Post a Comment for "Guru Wajib Tahu 10 Tanda yang Terjadi pada Murid"