Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Mini Book Sendiri Tingkatkan Minat Baca Anak


Apa itu mini book?

Secara sederhana mini book adalah buku dalam ukuran kecil. Mini book mempunyai ukuran 12 X 9 cm. Mini book untuk anak biasanya berupa cerita bergambar atau komik. Apakah dengan Membuat Mini Book Sendiri Merangsang Minat Baca Anak? Pertanyaan selanjutnya apakah anak-anak bisa membuat sendiri mini book? 

Tentu bisa. Guru bisa menciptakan atmosfir terbaik untuk anak-anak. Guru bisa membuat mereka berkarya apa saja. Tinggal bergantung gurunya mau agak repot atau tidak. Sejalan dengan kampanye pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (kemendikbud ristek) RI literasi menjadi program wajib bagi setiap satuan pendidikan. 

Literasi menjadi sumber belajar dalam proses pembelajaran. Literasi menjadi bagian aktivitas kelas dengan tersedianya pojok literasi di kelas (selain perpustakaan). Literasi juga menjadi sumber belajar dalam muatan Bahasa Indonesia pada buku tematik. Bahkan, literasi menjadi subtema dalam seluruh buku tematik di semua jenjang terutama di pendidikan dasar. Literasi menjadi subtema ke 4 dalam buku paket siswa.

 


Mengapa mini book penting?

Mini book sebagai alih-alih buku berukuran standar. Buku standar biasanya berukuran setengah kertas A4. Ada pula yang lebih besar dari ukuran tersebut. Buku paling besar di sekolah dasar disebut dengan big book.

Dengan mini book, tentu akan membawa penasaran anak-anak. Menjadi daya tarik tersendiri. Selain bagi mereka sebagai hal baru, tentu juga akan meningkatkan atau merangsang mereka untuk memenuhi rasa penasarannya dengan membacanya. 

Mini book menjadi salah satu alternatif untuk merangsang minat baca mereka. Bukunya saja sudah kecil tentu akan sangat praktis bagi mereka untuk dibawa ke mana-mana (bisa masuk saku mereka) dan bisa dibaca di mana saja kapan saja. Apalagi anak-anak diajak membuat sendiri mini book, sungguh sangat berarti bagi mereka. Sangat eman mereka untuk membuangnya. Membuat Mini Book Sendiri Merangsang Minat Baca Anak. 

 

Bagaimana cara membuat mini book?

Bagaimana cara membuat mini book? How to make a mini book? Apakah mereka bisa membuat? Anak-anak tentu dapat membuat mini book sendiri atau mini book shelf. Tentu dengan didampingi guru yang kreatif. Guru yang punya dedikasi yang tinggi. Bagaimana cara membuatnya? Seperti membuat karangan, sebagai langkah awal, guru bersama anak-anak membuat tema atau topik dari mini book yang akan dibuat. 

Mini book yang dibuat anak-anak bukan jenis mini book digital. Semua dibuat secara manual termasuk penjilitannya menjadi mini book yang siap dan layak baca. Juga bukan termasuk jenis mini book pdf, tapi murni ada wujud bukunya secara nyata. Bukan pula mini book laptop atau komputer. Juga bukan mini book yang berupa hasil printable mini book. Murni mini book karya tangan anak-anak sendiri. 

Penentuan tema atau topik bisa dibuat secara berkelompok atau perorangan. Misal kelompok A dengan tema tertentu begitu selanjutnya dengan kelompok lainnya juga dengan tema tertentu. 

Jika guru dan anak bersepakat tema perorangan, maka guru mendistribusikan tema yang tepat untuk perorangan. Selanjutnya, guru menentukan ukuran kertas yang akan digunakan. Bebas. Yang saya contohkan berukuran 12x9 cm. Bisa lebih besar dari itu. Kalau lebih kecil dari itu, anak-anak akan kesulitan saat proses pembuatan mini booknya. 

Berapa jumlah halaman yang dibutuhkan? Guru dapat membuat putusan misal paling sedikit 8 halaman termasuk sampul. Guru juga memberikan arahan dan bimbingan tentang struktur sederhana dari sebuah buku. Misalnya harus ada sampul atau book cover, halaman identitas pembuat mini book, halaman cerita dan sampul penutup. 

Lebih praktis dan rapi lagi bila guru yang menyiapkan kertasnya. Sudah terpotong sesuai ukuran yang diinginkan dan sama. Anak-anak tinggal memproses isi dari mini book yang ingin mereka ciptakan. Jangan lupa guru menyediakan lebar halaman cadangan, antisipasi jika mereka kekurangan kertas. 

Ketika guru yang menyiapkan bahan kertasnya, anak-anak hanya menyiapkan pensil, ballpoint, spidol (atau pewarna lain seperti crayon, dsb), plastik mika sebagai sampul terluar mini book (mini book case), lakban, dan penggaris. Peralatan tersebut sudah cukup untuk membuat mini book.

 

Hasil Mini Book karya anak

Hasil berikut adalah contoh mini book karya anak-anak.

 Mini book 1





 Mini book 2



Demikian mini book karya anak-anak. Semoga menjadi inspirasi untuk menjadi kelas super.


Sumber gambar dan video: http://ruangguru.cocokpedia.net

Cocokpedia
Cocokpedia Dapur Mikir

Post a Comment for "Membuat Mini Book Sendiri Tingkatkan Minat Baca Anak"