Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Bantuan Siswa Selama Pembelajaran Daring (PJJ) Pandemi

 

Ada 4 bantuan yang dapat siswa gunakan saat pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau Belajar dari Rumah (BDR) atau dengan sebutan lain pembelajaran online. 4 bantuan tersebut sangat berguna selama siswa mengikuti pembelajaran daring (dalam jaringan).

Apa saja 4 Bantuan Siswa Selama Pembelajaran Daring (PJJ) Pandemi? Sebelum merinci apa saja 4 Bantuan Siswa Selama Pembelajaran Daring (PJJ) Pandemi tersebut, ada baiknya sekilas kita bahas mengenai pandemi Covid-19 dengan varian terbaru yang bernama Omicron.



Menurut pihak Kementerian Kesehatan RI, virus Omicron ini tidak begitu berbahaya sehingga beberapa daerah tetap melakukan pembejaran tatap muka terbatas (PTM). Namun, beberapa tempat yang lain terpaksa menghentikan PTM karena terjadi cluster baru penderita COVID-19 di sekolah setempat.

Dengan dasar itulah kemudian pemerintah daerah memutuskan kembali perberlakuan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau daring. Nah, 4 Bantuan Siswa Selama Pembelajaran Daring (PJJ) Pandemi yang dimaksud ruangguru.cocokpedia adalah sebagao berikut.

Saat pembelajaran daring atau online, tentu kalian akan menerima materi atau kegiatan atau tugas dari guru. Ketika kalian tidak paham sementara kalian harus berusaha belajar mandiri dan menyetor hasil pekerjaan kalian, maka ada 4 Bantuan Siswa Selama Pembelajaran Daring (PJJ) Pandemi, yakni:

Cari di Buku

Ada 4 buku sumber yang dapat kalian gunakan. Pertama, buku paket (tema atau mata pelajaran). Kedua, buku catatan. Dan ketiga, buku sumber lain atau buku pengayaan yang ada di rumah (jika ada). Jika memang tidak ditemukan di buku, maka langkah selanjutnya adalah mencarinya di internet.

Cari di Internet

Saat pembelajaran daring, tentu kalian sangat dekat dengan hape dan laptop. Akan sangat mudah bagi kalian langsung mencari bahan atau sumber dari tugas atau materi yang kalian pelajari dengan menggunakan mesin penelusuran yang salah satunya bernama browser google chrome (Chrome).

Caranya mudah, cukup kalian ketikkan keyword atau kata kunci dari materi yang kalian cari. Misal: rantai makan, cara mencari akar pangkat tiga, teks eksplanasi adalah, dan sebagainya. Mudah, bukan?

Tapi, hati-hati. Cari sumber yang terpercaya seperti wikipedia, kompas, dan lain-lain karena tidak semua yang ada di internet benar. Jadi harus didiskusi dengan orang tua.

Diskusi dengan Orangtua

Jika kalian sudah menemukan bahan belajar atau materi yang ditugaskan guru, tapi tetap saja tidak paham, maka langkah-langkah selanjutnya adalah berdiskusi dengan orang tua. Jika orang tua kalian sedang bekerja dan tidak sedang di rumah, bisa memanfaatkan aplikasi whatsapp untuk menghubungi mereka. Bisa dengan chat WA atau voice call atau video call jika memungkinkan. Namun, jika orang tua kalian juga tidak paham, maka bantuan terakhir adalah call a friend (tanya teman).

Tanya Teman (call a Friend)

Dengan bantuan ini kalian bisa chat WA atau telepon via WA dan menanyakan tentang materi yang guru tugaskan. Jangan menyerah jika seorang teman juga tidak paham. Pilih teman yang paling cerdas di kelas untuk menanyakannya. Dan, kalau tidak paham juga, tentu kalian akan menghubungi guru kalian.

Kasus baru Covid-19 tiap hari terus meningkat. Jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan (prokes) yakni pakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak aman. Semoga kita semua selalu selamat dan sehat. Aamiin. 

Nah itulah 4 Bantuan Siswa Selama Pembelajaran Daring (PJJ) Pandemi yang bisa kalian manfaatkan untuk memperlancar kegiatan belajar kalian di rumah. Semoga bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya di ruangguru.cocokpedia. semangaat!

Cocokpedia
Cocokpedia Dapur Mikir

Post a Comment for "4 Bantuan Siswa Selama Pembelajaran Daring (PJJ) Pandemi"