Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Template Form Pemetaan Kemampuan Murid

Sepertinya guru harus mempunyai pemetaan atas kemampuan para muridnya di kelas. Dengan memiliki peta kemampuan atau peta kompetensi membuat guru lebih leluasa mengeksplore atau mengembangkan proses pembelajaran dengan sering mengintegrasikannya dengan kemampuan mereka.

Apa itu peta kemampuan atau peta kompetensi murid?

Peta kemampuan atau peta kompetensi murid adalah segala kegiatan, minat, dan hasrat (passion) yang menjadi nilai unggul yang paling sering mereka lakukan dan sukai sehari-hari. Seperti yang para guru tahu bahwa seorang anak telah memiliki kemampuan istimewa sejak ia lahir dan tumbuh kembang. Tuhan telah membekalinya dengan berbagai kemampuan yang secara khusus miliknya secara pribadi.




Apa saja kemampuan atau peta kompetensi murid?

Kemampuan alami, kemampuan natural, dan dapat dilatih dan ditingkatkan ke level yang lebih tinggi. Ada anak atau murid yang berkemampuan kinestetik, audio, visual, dan audiovisual. Ada anak atau murid yang mempunyai kemampuan dengan gaya atau cara belajar yang unik. Nah, keseluruhannya guru harus rekam dan petakan guna meningkatkan kemampuan tersebut.

Ruangguru.cocokpedia akan membagikan contoh format peta kemampuan atau peta kompetensi murid berjudul Profil Ananda. Jika para guru cocok, silakan diunduh. Sekadar saran, sebaiknya Profil Ananda ini sudah diberikan di kelas 1 sekolah dasar sehingga dapat diteruskan dan diserahkan kepada guru dijenjang kelas berikutnya sebagai portofolio.

Bagaimana cara memetakan kemampuan atau peta kompetensi murid?

Pemetaan kemampuan atau kompetensi murid juga sudah ada formatnya pada postingan sebelumnya DI SINI. Portofolio tersebut berisikan kolom-kolom rekam jejak mengenai kemampuan murid dari kemampuan religi, kemampuan sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang di luar ranah kurikulum.

Di dalamnya juga terdapat catatan-catatan perkembangan murid yang bisa guru rekam menjadi catatan anekdot di portofolio tersebut. Dengan dasar peta kemampuan atau peta kompetensi murid dan catatan anekdot tersebut nantinya guru dapat memasukkan atau menambahkan nya menjadi nilai sesuai kolom kompetensi pada buku raport murid.

Selain portofolio pada tautan di atas, para guru juga harus punya alat perekam nilai KI-1 dan KI-2 yang bisa diunduh atau download DI SINI.

Apa selanjutnya?

Selanjutnya download saja Profil Ananda, kemudian kirim kepada walimurid untuk diisi dengan berembuk dengan ananda. Kalau semua item sudah terisi, tinggal submit (kirim). Selesai.


Berikut Template Form Pemetaan Kemampuan Murid dalam bentuk google form. Para guru dapat menyalinnya dan memodifikasinya sesuai dengan kebutuhan data yang para guru inginkan.


PROFIL ANANDA

Cocokpedia
Cocokpedia Dapur Mikir

Post a Comment for "Contoh Template Form Pemetaan Kemampuan Murid"