Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pendaftaran PPG Dalam-Jabatan Resmi Ditunda, Siap-siap!

 

Pendaftaran dan seleksi Pendidikan Profesi Guru atau PPG Dalam Jabatan tahun 2022 yang rencananya dibuka 10 Februari 2022 ditunda oleh Kemendikbudristek. Selain penundaan ada pula rencana pembatasan jumlah peserta undangan untuk bisa mengikutinya. 

Berdasarkan Surat Edaran (SE) Ditjen GTK Kemendikbudristek Nomor 0248/B2/GT.00.03/2022, peserta yang diperbolehkan mengikuti seleksi administrasi PPG Dalam Jabatan antaran lain adalah yang terdaftar di Dapodik, berusia maksimal 58 tahun, per 31 Desember 2022, dan sejumlah persyaratan lainnya. 




Disebutkan dalam BANPT, PPG Dalam Jabatan diperuntukkan bagi lulusan S1 atau D4 jurusan kependidikan dan nonkependidikan yang telah berstatus guru di sebuah satuan pendidikan. Oleh karena itu, tidak semua bisa mengikuti dan mendaftar ataupun memperoleh undangan. Lalu siapa saja yang berhak menjadi peserta

Yang berhak menjadi Peserta dan bisa mendaftar PPG Dalam Jabatan 2022 adalah sebagai berikut.

1. Guru di bawah nauangan Kemendikbudristek yang belum bersertifikasi guru.  Guru yang berada dalam lingkungan Kemenag bisa ikut  PPG yang diselenggarakan oleh Kemenag.

2. Calon peserta yang mendapat notifikasi di akun SIMPKB dan undangan mengikuti PPG sedangkan yang tidak berarti bukan calon peserta PPG Dalam jabatan 2022.

3. Guru yang sedang atau telah mengikuti program Guru Penggerak juga bisa mengikuti seleksi administrasi PPG.

4. Guru yang lulus seleksi-akademik 2019, tetapi tidak lulus seleksi-administrasi tahun 2021, bisa menjadi peserta dan  wajib ikut proses registrasi dan seleksi tahun 2022.

5. Guru yang menerima bantuan pemerintah (bantah) pendidikan PPG serta guru berstatus honorer tidak bisa mengikuti program PPG.

Guru yang sudah lulus seleksi-administrasi 2021, tidak perlu lagi ikut seleksi. Cukup pantau langsung informasi di akun SIMPKB atau laman resmi PPG Kemendikbud masing-masing.

 

Persyaratan Umum Peserta PPG Dalam jabatan tahun 2022 sebagai berikut:

1. Guru dalam lingkungan Kemendikbudristek yang belum bersertifikasi guru.

2. Tercatat dalam Dapodik.

3. Ber-NUPTK ( Nomor-Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan).

4. Telah berstatus sebagai guru setidaknya 1 Januari 2019.

5. Punya ijazah S1/ D4 yang linier dengan program studi (prodi) di PPG.

6. Aktif mengajar selama atau dalam  dua tahun terakhir.

7. Usia calon peserta maksimal 58 tahun pada 31 Desember 2022.

8. Sehat jasmani-rohani.

9. Tidak berhubungan dengan narkotika, psikotropika, maupun zat adiktif lainnya (NAPZA) dibuktikan dengan surat resmi.

10. Berkelakuan baik dibuktikan dengan surat resmi.

 

Penundaan pendaftaran PPG Dalam Jabatan 2022 semestinya dibuka pada 10 Februari 2022. Untuk informasi lebih lanjut, calon peserta dapat memantau dengan klik ppg.kemdikbud.go.id dan atau mengunjungi akun Instagram @ppgkemendikbud.

Cocokpedia
Cocokpedia Dapur Mikir

Post a Comment for "Pendaftaran PPG Dalam-Jabatan Resmi Ditunda, Siap-siap!"