Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aplikasi Raport Kurikulum Prototipe 2022 Segera Berlaku

 

Aplikasi Raport Kurikulum Prototipe 2022 selanjutnya bernama Raport Program Sekolah Penggerak (PSP). Aplikasi raport PSP kurikulum paradigma baru ataupun kurikulum prototipe 2022 inilah yang akan diberlakukan secara nasional menggantikan raport pada kurikulum 2013.

Menuju tahun 2024, kurikulum paradigma baru ataupun kurikulum prototipe 2022 yang akan diberlakukan tentu juga memerlukan format rapot baru. Raport tersebut sebagaimana fungsinya sebagai laporan hasil belajar siswa atau capaian pembelajaran yang harus diserahkan atau diketahui oleh orang tua siswa, murid atau peserta didik. 



Format raport kurikulum paradigma baru ataupun kurikulum prototipe 2022 ini belum resmi dan bukan dikeluarkan oleh kemendikbudristek, tapi format raport tersebut sudah mengadaptasi muatan dan mata pelajaran yang ada di dalam kurikulum paradigma baru ataupun kurikulum protipe 2022. Karena sejatinya kemendikbud ristek RI menginginkan raport digital (e-raport) untuk kurikulum paradigma baru ataupun kurikulum protipe 2022, namun belum juga dirilis.

Format raport yang dibagikan ini telah memenuhi standart yang ada pada Buku Panduan Asesmen dan Pembelajaran yang diterbitkan Kemendikbudristek. Di didalamnya berisi contoh format rapot sekolah penggerak.

Format raport berbentuk excel pada kurikulum paradigma baru ataupun kurikulum prototipe 2022 yang akan dibagikan ini adalah karya atau Created by : Ayu Chandra Astari. Dibuat dalam bentuk excel agar memudahkan guru mengerjakannya secara offline. Ukuran file aplikasi ini tidak terlalu besar dan berat sehingga ringan sekali bila digunakan pada aplikasi Microsoft Office seperti:  MS Excel 2007, MS Excel 2010,  atau MS Excel 2019. Jadi aplikasi tersebut merupakan Apliasi Rapor yang Berasis Excel,

Berikut penampakan aplikasi raport kurikulum paradigma baru ataupun kurikulum prototipe 2022 berbasis excel yang sesuai dengan standart yang ada pada Buku Panduan Asesmen dan Pembelajaran yang diterbitkan Kemendikbudristek.

1. Tamplikan "Home" atau menu utama aplikasi, memuat tombol-tombol untuk menuju lembar kerja memasukan data dan nilai siswa.


2. Menu "Idenditas Sekolah" untuk memasukan identitas sekolah, ini akan muncul di lembar identitas raport. Tersedia juga untuk tiga  (3) Muatan Lokal dan tiga (3) Ekstrakurikuler.

3. Menu "Data Siswa" digunakan untuk mengisi data Identitas siswa pada raport.

4. Menu "Tujuan Pembelajaran" digunakan untuk mengisi data Tujuan Pembelajaran (TP), ini penting karena deskripsi raport akan mengambil dari Tujuan Pembelajaran (TP). 

Tujuan Pembelajaran didapatkan dari Capaian Pembelajaran (CP) yang telah ditetapkan Pemerintah. Tuliskan Tujuan Pembelajaran masing-masing Mata Pelajaran yang Anda gunakan,

5. Menu "Daftar Nilai Mupel" untuk memasukan nilai-nilai asesmen tiap mapel. Ada Asesmen FormatifAsesmen Sumatif Akhir MateriAsesmen Sumatif Akhir Semester. Isilah nilai sesuai pada Tujuan Pembelajaran (TP) yang Anda butuhkan. Isikan nilai hanya pada kolom berwarna putih

6. Menu "Cetak Raport" apabila semua nilai asesmen telah dimasukan lanjut untuk mencetak raport. Nilai deskripsi akan muncul secara otomatis pada kolom "Capaian Kompetensi" Anda cukup menggunakan anak panah untuk mencetak nomor urut berapa yang akan di cetak.

7. Menu "Cetak Sampul Raport" Aplikasi ini juga telah dilengkapi untuk mencetak sampul raport dan identitas siswa.

Aplikasi raport PSP atau kurikulum paradigma baru ataupun kurikulum prototipe 2022 format excel ini hanyalah referensi, tapi boleh digunakan karena telah sesuai dengan buku panduan asesmen kemendikbud ristek.

Berikut adalah url link atau tautan Aplikasi raport PSP atau kurikulum paradigma baru ataupun kurikulum prototipe 2022 format excel di bawah ini.

Aplikasi raport PSP atau kurikulum paradigma baru ataupun kurikulum prototipe 2022 format excel (xls) 2 muatan lokal.

Aplikasi raport PSP atau kurikulum paradigma baru ataupun kurikulum prototipe 2022 format excel (xls) 5 muatan lokal.

Petunjuk Aplikasi raport PSP atau kurikulum paradigma baru ataupun kurikulum prototipe 2022 format excel


Sebagai catatan dan permohonan, aplikasi ini merupakan hasil karya dari Ayu Chandra Astari jadi dimohon untuk tidak memodifikasi aplikasi tanpa seizin dari Ayu Chandra Astari.

 

ck; text-align:center;'/>
Cocokpedia
Cocokpedia Dapur Mikir

Post a Comment for "Aplikasi Raport Kurikulum Prototipe 2022 Segera Berlaku"