Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Raport Online Autorespon Whatsapp

 

Apa yang diperlukan bahan dan alat untuk membuat raport online via whatsapp? Bahannya tentu nilai raport dari semua siswa di dalam kelas yang guru ampu. Sedangkan alat yang digunakan adalah hape, aplikasi whatsapp, google drive, microsoft excel, pdf (adobe reader), dan aplikasi dari playstore yakni Autrorespon WA.

Bagaimana cara membuatnya? Pertama, selesaikan dulu nilai raport dari semua siswa yang akan dibagikan kepada walisiswa atau walimurid. Setelah rampung, jadikan raport tersebut dalam bentuk pdf per siswa atau murid. Untuk memudahkan beri judul file pdf tersebut dengan nomor absen dan nama murid atau siswa. Bisa juga menggunakan nomor induk.



Langkah berikutnya, file nilai raport dalam format excel tersebut unggah ke google drive yang kita punya. Tapi, sebelumnya buatkan folder di dalam google drive misalnya dengan judul: Raport PTS 2 (raport sisipan 2). Masukkan file nilai raport yang sudah kita buat dalam format excel dan pdf nya sekalian ke dalam folder tersebut.

Langkah ketiga, buat satu file lagi dengan format ms excel. Beri judul raport pts 2 WA. Buatlah dua kolom dalam satu sheet. Isi kolom pertama: nomor induk. Isi kolom kedua: link nilai raport pts 2 yang sudah berbentuk pdf tadi.

Langkah keempat, unduh atau pasang (install) aplikasi dari playstore. Aplikasi playstore tersebut bernama: Aurorespon WA. Setelah selesai diunduh, pasang. Setelah dipasang, buka aplikasi tersebut. Karena proses ini sedikit panjang, ada baiknya langsung tontong tutorialnya pada video di bawah ini.


Video tersebut dicuplik dari channel youtube atau kanal imam rosadi.

Langkah berikut, guru tinggal mengumumkan di grup atau paguyuban walimurid. Bunyi pengumuman bebas misal: “Assalamu alaikum Bapak Ibu walimurid kelas 5. Semoga selalu sehat dan sejahtera. Dengan ini, saya bagikan laporan capaian pembelajaran tengah semester 2 (raport pts 2) secara online. Caranya: Bapak Ibu cukup mengetikkan nomor induk dengan private WA ke nomor saya. Demikian terima kasih atas perhatiannya.”

Cukup mudah bukan? Langkah ini adalah langkah yang mendukung Gerakan Literasi DIgital Nasional yang telah dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologo (Kemendikbud Ristek) RI.

Demikian Cara Membuat Raport Online  Autorespon Whatsapp semoga bermanfaat. Terima kasih atas kunjungan anda di ruangguru.cocokpedia. 


Cocokpedia
Cocokpedia Dapur Mikir

Post a Comment for "Cara Membuat Raport Online Autorespon Whatsapp"