Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Kliping Digital (E-Kliping)


Beberapa waktu lalu, ada teman ingin saya menulis tutorial cara membuat e-kliping atau kliping digital. Nah, melalui artikel di ruangguru.cocokpedia ini, saya menepati janji.


cara membuat,e-kliping,kliping digital,langkah-langkah,cara,powerpoint,ppt,word,doc,screenshot,halaman,click,aplikasi,


Langkha-langkah membuat e-kliping atau kliping digital adalah sebagai berikut.

Pertama, siapkan perangkatnya dulu. Tentu harus ada HP atau laptop.

Kedua, pada hape atau laptop harus ada perangkat lunak (software) atau aplikasi pengolah kata atau gambar. Boleh menggunakan word (doc.), atau PowerPoint (ppt).

Ketiga, selain software di atas, tentu harus ada tersedia perekam layar (screenshoter).

Keempat, harus ada satu topik atau tema yang akan dijadikan kliping.

Kalau semua syarat di atas telah terpenuhi, waktunya membuat kliping bersama siswa. Alur kegiatannya adalah sebagai berikut.

Misal kita memberikan topik jenis usaha perorangan, juga sebagai kata kunci pencarian pada browser google chrome. Tentu anak-anak dengan bimbingan kita akan berselancar, menemukan berita atau artikel atau topik yang tepat berhubungan dengan yang mereka pelajari.

Ketika sudah menemukan satu judul yang tepat dari banyak pilihan judul yang ada di google pencarian, tinggal klik (click) saja. Dibaca-baca dari awal hinggal kalimat terakhir. Kemudian kalau sudah yakin, tangkap layar (screenshot) berita atau artikel yang dibaca. Ingat, jangan sampai ada paragraf atau kalimat atau halaman yang terpotong.

Langkah selanjutnya, setelah seluruh artikel atau berita tersebut tertangkap layar atau sudah di-screenshot, kemudian buka aplikasi pengolah kata atau pengolah gambar. Bisa menggunakan aplikasi lain yang sesuai.

Buat halaman kosong misal di word. Beri judul: Kliping Jenis-Jenis Usaha Perorangan, karya: ....dan sebagainya. Pada halaman berikutnya baru diisi dengan hasil tangkapan layar yang telah tersimpan. sampai di sini mudah bukan?

Bukankah juga mudah untuk memasukkan (insert) gambar ke dalam halaman word? Oke, jika tidak ada kesulitan, masukkan semua hasil tangkapan layar dan simpan dalam bentuk pdf (agar gambarnya tidak bergerak heheeh).

Sudah selesai, tinggal kirim hasil pdf dari e-kliping karya siswa kepada guru. Bisa share ke grup WA dan sebagainya. Guru juga bisa menggunakannya sebagai referensi dan sumber belajar saat itu dan kelak pada topik yang sama.

Jika menggunakan hape, ada banyak aplikasi pengolah kata dan gambar yang bisa digunakan. Bisa diunduh dari playstore seperti aplikasi WPS Office, dan sebagainya.

Demikian langkah dan cara membuat e-kliping atau kliping digital (digitalisasi kliping konvensional) yang dapat dibagikan. Semua bermanfaat.

Berikut salah satu contoh e-kliping atau kliping digital buatan siswa.

 


ck; text-align:center;'/>
Cocokpedia
Cocokpedia Dapur Mikir

Post a Comment for "Cara Membuat Kliping Digital (E-Kliping)"