Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Launching: Dana Indonesiana Danai Riset dan Kebudayaan

 

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Nadiem Anwar Makarim dan Kementerian Keuangan Sri Mulyani atas nama pemerintah menyepakati dan meluncurkan Dana Indonesiana untuk pemajuan kebudayaan Indonesia. Dengan dukungan Dana Indonesiana tersebut pemerintah bertujuan untuk mendorong pemajuan kebudayaan dengan disediakan pembiayaan.

Kemendikbud Ristek), Nadiem Anwar Makarim secara khusus meluncurkan Dana Indonesiana tersebut dalam program Merdeka Belajar Episode 18 (siaran langsung channel youtube Kemendikbud Ristek) yang bertajuk: Merdeka Berbudaya dengan Dana Indonesiana, Jakarta, Rabu, 6 Maret 2022.


launching dana indonesiana


Selanjutnya Mas Menteri Nadiem mengatakan bahwa dukungan dana melalui Dana Indonesiana pemajuan kebudayaan dapat dilakukan secara berkelanjutan.  Mas Menteri mengharap dengan dukungan dana abadi tersebut, para pelaku kebudayaan dapat memanfaatkannya dengan baik, kreatif, inovatif, dan fleksibel.

Adapun sararan pembiayaan dari Dana Indonesiana adalah untuk berbagai kegiatan kebudayaan seperti dukungan dana terhadap organisasi, lembaga, dan ruang budaya; termasuk membiayai dana produksi dan distribusi karya; juga mendanai kajian atau riset mengenai budaya.

Ayo para pendidik, para guru, para pelajar dan mahasiswa, para pengurus dan anggota organisasi yang bergerak dalam bidang budaya dan riset dapat mengajukan pendanaan dengan kepada pemerintah dengan Dana Indonesiana.

Adapun program atau wadah yang dibiayai oleh Dana Indonesiana adalah sebagai berikut.

Sasaran Pembiayaan oleh Dana Indonesiana

Dukungan Organisasi Kebudayaan

Dukungan dana ini diperuntukkan kepada pengelola ruang budaya, lembaga kebudayaan publik, dan asosiasi profesi, pada bidang kebudayaan. Bertujuan memberikan penguatan organisasi untuk pemajuan kebudayaan. 

Penggunaan Ruang Publik oleh Perseorangan

Pendayagunaan ruang publik atas usulan perseorangan yakni berupa dukungan pemerintah kepada perseorangan untuk bebas kreatif memanfaatkan sarana  prasarana publik (secara fisik maupun virtual) yang berguna untuk pemajuan kebudayaan.

Sinema mikro yakni berupa dukungan pemerintah kepada komunitas(ormas atau lsm) yang bertujuan menaikkan jumlah ruang pertemuan kebudayaan yang berbasis audiovisual. 

Kegiatan Strategis

Dukungan ini adalah untuk kegiatan-kegiatan seni-budaya atas inisiatif kelompok masyarakat yang berpengaruh besar terhadap pemajuan kebudayaan yang kegiatannya rutin dilaksanakan selama lebih dari lima tahun.

Stimulus Kegiatan Ekspresi Budaya

Dukungan pemerintah ini terutama kepada komunitas untuk mendorong pelaksanaan kegiatan kebudayaan di masyarakat yang sudah memiliki pendanaan pendamping. 

Dokumentasi Karya atau Pengetahuan Maestro

Dukungan kepada perseorangan, komunitas, dan lembaga/organisasi kebudayaan, yang bertujuan mewujudkan perekaman dan rangkuman karya atau pengetahuan dari maestro budaya. 

Penciptaan Karya Kreatif-Inovatif

Dukungan pemerintah lewat Dana Indonesiana kepada perseorangan, komunitas, dan lembaga atau organisasi kebudayaan yang ditujukan pada pembuatan atau pengembangan suatu karya baru atau penyempurnaan dari sebuah karya menjadi sebuah karya baru (yang lebih kreatif dan inovatif) dan mampu menjawab permasalahan kekinian serta tantangan di masa depan bidang kebudayaan. 

Dana Pendampingan Karya Distribusi Internasional

Dukungan kepada rumah produksi (untuk film) dan komunitas atau lembaga atau organisasi kebudayaan (untuk pertunjukan seni-budaya) dalam pembiayaan produksi suatu film atau pertunjukan seni budaya yang sasarannya internasional. 

Kajian Obyek Pemajuan Budaya

Dukungan ini diberikan kepada perseorangan dan lembaga riset (peneliti) guna melaksanakan kajian (riset atau penelitian) terhadap objek pemajuan kebudayaan yang vital untuk pemajuan kebudayaan. 

(Sumber: https://danaindonesiana.kemdikbud.go.id)


Silakan dipilih dan segera mendaftarkan diri di laman resmi Kemendikbud RI berikut.

DANA INDONESIANA


Berikut cuplikan video tentang apakah plafform Dana Indonesiana itu dan peruntukannya. Dalam video Video ini diambil dari laman youtube kemendik RI.


Platform DANA INDONESIANA


Sumber video: Kemendikbud RI


UPDATE:

Cocokpedia
Cocokpedia Dapur Mikir

Post a Comment for "Launching: Dana Indonesiana Danai Riset dan Kebudayaan"