Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Menulis Buku Sastra Anak (Cerita Anak)

Saat mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Penulisan Naskah Sastra Anak Berbahasa Daerah 2022, 28-31 Maret 2022, yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur (BBPJT) baru terasa bahwa menulis naskah sastra untuk anak (usia dini dan SD) benar-benar sulit.

Walaupun ketika kita membaca berbagai contoh buku cerita anak, tampak mudah membuatnya dalam benak kita. Ternyata sulitnya minta ampun. Tiap kata harus diplih dengan teliti. Tiap kalimat harus diukur. Tiap paragraf harus ditakar sesuai dengan perkembangan usia mental dan fisik target pembacanya.


story board,using,Buku,Berita,bbpjt,balai bahasa,sastra anak,storyboard,jawa,madura,naskah,sastra,jawa timur,bahasa daerah,Artikel,menulis,panduan,


Baca juga:

25 Judul Naskah Lolos Seleksi BBPJT


Dalam bimtek Penulisan Naskah Sastra Anak Berbahasa Daerah oleh BBPJT, yang diselenggarakan selama 4 hari di Hotel Luminor, Sidoarjo diampu oleh para pemateri atau narasumber hebat dan terkenal di dunia penulisan sastra anak seperti: Barbara Eni, Watiek Ideo, Dian Kristiani, dan sebagainya. Begitu pula dengan para penyunting naskah dari tiga rumpun bahasa tersebut antara lain: Avan Fathurrahman, Basuki Widodo, dan sebagainya.

Nah, melalui postingan ini, ruangguru.cocokpedia akan membagikan materi yang berkenaan dengan penulisan naskah sastra anak. Secara rinci materi yang akan dibagikan berisi hal sebagai berikut. Materi di bawah ini sangat layak jadi Panduan Menulis Buku Sastra Anak (Cerita Anak).

 

Contoh Papan Cerita (Story board) 1

Contoh Papan Cerita (Story board) 2

Penulisan Cerita Anak (Membaca Awal)

Penulisan Cerita untuk Pembaca Awal

Trend Menulis Cerita

Dasar-Dasar Menulis Cerita Anak

Asyiknya Menulis Cerita Anak

Contoh Cerita Anak: Rere Sedih


Sumber gambar: cocokpedia.net

ck; text-align:center;'/>
Cocokpedia
Cocokpedia Dapur Mikir

Post a Comment for "Panduan Menulis Buku Sastra Anak (Cerita Anak)"