Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Contekan Jitu Hadapi Ujian Sekolah (US)

Ruangguru.cocokpedia kali ini akan membagikan pengalaman seorang teman. Pengalaman ketika akan menghadapi Ujian Sekolah (US) yang dulu bernama Evaluasi Tahap Akhir Nasional (Ebtanas). Bagi yang pernah mengalami Ebtanas, berarti umur anda saat ini lebih dari 40 tahun.

Ebtanas berkali-kali di kemudian hari berganti nama. Pernah bernama UNAS (Ujian Nasional), pernah pula berganti UN (ujian nasional) dan sebagainya. Saat ini menurut Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (kemendikbud ristek) tidak ada Ujian Nasional (UN), diganti dengan US (Ujian Sekolah). Sebenarnya sama saja tetap ada ujian hanya berganti level dari nasional ke lokal atau regional. 

Teman ini sekarang sudah berumur lebih 40 tahun. Menjelang Ebtanas (UN/US) ia dan teman-temannya oleh guru IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) namanya Bu Made (asal Bali) diberitahu cara membuat kerpekan atau contekan jitu. Bu Made memberikan trik rahasia cara membuat contekan jitu yang mencerdaskan.

Apa benar ada contekan yang mencerdaskan? Berikut penjelasannya. Selama ini ada banyak contoh cara membuat contekan di social media. Ada yang ditulis di tangan, paha, lengan, kertas, alat tulis, dan sebagainya. Menurut teman, semua bentuk contekan itu tidak mendidik dan tidak mencerdaskan. 

Bagaimana cara membuat contekan jitu menghadapi Ujian Sekolah (US)? Berikut cara yang Bu Made berikan, Langkah-langkahnya sebagai berikut.

Pertama

Ssiapkan kertas kosong. Potong dengan gunting kemudian lem dibuat memanjang seperti ekor layang-layang. Seperti gambar di bawah ini. (Ingat buat kertas memanjang bukan membuat layang-layang).

artikel,pendidikan,pembelajaran,contekan,us,ebtanas,UN,ujian sekolah,Kemendikbudristek,layang-layang,mini book,buku,stabilo,book,

Kedua

Kalau kertas (serupa ekor layang-layang sudah dibuat) kemudian siapkan kisi-kisi soal Ujian Sekolah (US). Kalau tidak punya silakan diminta kepada guru atau walikelas. Mengenai kertas serupa ekor layang-layang buat semini atau sesempit mungkin misal berukuran 4cm X 50cm.

Ketiga

Berdasarkan kisi-kisi, bagilah ekor layang-layang tersebut menjadi beberapa mata pelajaran (mapel). Berdasarkan kisi-kisi soal tersebut buatlah ringkasan materi dari mapel yang dianggap sulit saja, Misal rumus Matematika, pengertian (definisi), peta konsep (mind mapping),urutan peristiwa (misal siklus air), langkah-langkah (misal cara membuat cerpen), unsur-unsur (misal ekstrinsik dan intrinsik puisi), urutan sejarah (misal masa kemerdekaan), dan sebagainya. Ingat, semua harus sesuai dengan kisi-kisi soal. Soal tidak akan meleset dari kisi-kisi.

Keempat

Jika penulisan ringkasan materi semua mapel sudah rampung, lipat ekor layang-layang tersebut menyerupai buku kecil (mini book) seperti gambar di bawah ini.

artikel,pendidikan,pembelajaran,contekan,us,ebtanas,UN,ujian sekolah,Kemendikbudristek,layang-layang,mini book,buku,stabilo,book,

Kelima

Beri stabilo pada tiap-tiap judul mapel atau pada materi yang susah diingat. Itu untuk memudahkan pencarian. Selesai.

Keenam

Bawalah little book (mini book) tersebut ke mana-mana dan baca berulang kali di mana saja dan sedang apa saja. Pasti lama-lama akan ingat di mana letak materi tertentu dan pada lipatan ke berapa. Bener! 

Ketujuh

Saat ujian sekolah (US) bawalah serta mini book tersebut dan taruh di saku baju atau celana. Jangan beritahu siapapun walaupun sahabat sendiri.

Kedelapan

Saat ujian sekolah (US) berlangsung, tanpa disadari ketika membaca soal ujian dan butuh bantuan jawaban, kita akan ingat di bagian mana jawaban itu ada pada mini book yang sudah dibuat (tanpa harus membukanya). Nah, mudah bukan?
Syaratnya, ketika ujian sekolah berlangsung, jangan sesekali membukanya. Jangan pernah membukanya karena pasti ingat jika sering membaca sebelumnya.
Itulah trik cara membuat contekan jitu, tapi tidak pernah digunakan saat ujian sekolah (US) atau ujian nasional (UN.UNAS) berlangsung. Niatnya memang mencontek, tapi tidak akan pernah digunakan. Cerdas bukan?

Itulah cara menyontek di sekolah, cara membuat contekan yang aman, cara membuat contekan yang kreatif, yang dapat dibagikan. Contekan siap walaupun tidak akan pernah digunakan. Setuju?

Demikian, semoga bermanfaat. Ujian sekolah sebentar lagi. Semua harus dipersiapkan. Semangat!

ck; text-align:center;'/>
Cocokpedia
Cocokpedia Dapur Mikir

Post a Comment for "Cara Membuat Contekan Jitu Hadapi Ujian Sekolah (US)"