Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rangkuman Materi (Ringkasan Online) Tematik tentang Materi (Zat)


Apa rangkuman materi atau ringkasan online penting?

Rangkuman materi online atau ringkasan online materi muatan pelajaran dalam buku paket tematik sekolah dasar teramat penting. Terutama memfasilitasi murid ketika mendapatkan tugas online mengenai suatu topik dalam pembelajaran.

Beberapa kata kunci dalam pencarian di browser google chrome menunjukkan bahwa banyak yang mencari ringkasan materi atau rangkuman materi tema 1 sampai tema 8 (untuk kelas I, II dan III), tema 1 – 9 untuk kelas IV sampai kelas VI.


Ruang Siswa,Perangkat Pembelajaran,rangkuman materi,ringkasan online,buku,buku tematik,browser google chrome,pencarian google,materi,zat tunggal,filtrasi,dekantasi,distilasi,absorbsi,


Apa itu rangkuman materi atau ringkasan online?


Ringkasan online materi atau rangkuman materi suatu muatan pelajaran dalam buku tematik merupakan catatan yang dibuat untuk oleh guru. Ringkasan online atau rangkuman materi adalah catatan ringkas mengenai suatu topik atau sub bab dalam buku temarik. Ringkasan atau rangkuman materi tersebut dibagikan untuk mempermudah murid dalam memahami suatu topik yang dibahas. Rangkuman materi berisi gabungan intisari dari setiap hal penting yang ada dalam muatan mata pelajaran baik dalam bab atau sub bab.

Bagaimana cara mencari rangkuman materi atau ringkasan online?


Rangkuman materi online atau ringkasan online materi muatan pelajaran ini akan bertahap dibagikan sesuai kebutuhan dan banyaknya pencarian berdasarkan data pencarian google. Rangkuman materi online atau ringkasan online materi muatan pelajaran sudah sesuai dengan cara membuat ringkasan dan contohnya atau contoh rangkuman materi. Rangkuman materi online atau ringkasan online materi muatan pelajaran akan dibagikan sesuai muatan atau topik yang dibahas seperti ringkasan online Bahasa Indonesia, dan sebagainya.

Sebagian guru dengan teknik berbeda membuat rangkuman materi atau ringkasan online berdasarkan subtema dalam buku tematik seperti: rangkuman materi kelas 5 tema 1 subtema 2, dan sebagainya.

Seperti apa contoh rangkuman materi atau ringkasan online?


Kali ini ruangguru cocokpedia akan membagikan rangkuman materi dengan topik Materi (zat tunggal dan campuran serta cara memisahkannya).

Materi adalah segala sesuatu yang mempunyai massa dan menempati ruang.

Zat Tunggal (Zat Murni) adalah zat yang mempunyai komposisi tetap dan memiliki sifat yang sama di seluruh bagiannya dan serta tidak dapat diuraikan (dipisahkan) lagi menjadi zat yang lebih sederhana (lebih kecil).

Contoh Zat Tunggal: air murni, emas murni (24 karat), gula asli, dan oksigen.

Campuran: materi yang mengantung dua macam atau lebih zat penyusun sehingga dapat memiliki sifat berbeda, tergantung pada komposisi komponen penyusunnya.

Contoh Campuran: air laut, udara, tanah, teh manis.

Jenis Campuran:

Campuran Homogen adalah: jenis campuran yang secara bahan seragam/sejenis pada setiap bagian sedangkan campuran Heterogen adalah jenis campuran yang bahannya tidak seragam/sejenis pada setiap bagian.

Ada beberapa cara memisahkan zat campuran (senyawa) menjadi zat tunggal yakni: penguapan, kristalisasi, distilasi,filtrasi,dekantasi, sublimasi, absorbsi, dan kramatogragi. Penjelasan mengenai hal tersebut selengkapnya sebagai berikut.

  1. Penguapan adalah pemisahan (dengan api/cahaya matahari) campuran dengan cara dipanaskan sehingga zat-zat pembentuknya terpisah menjadi zat tunggal.Contoh: Air laut (evaporasi) menjadi garam.
  2. Kristalisasi adalah pemisahan campuran dengan cara dipanaskan atau didinginkan.Contoh: memasukkan madu ke dalam kulkas, jika madu tidak asli maka gulanya mengendap di bawah.
  3. Distilasi (penyulingan) adalah pemisahan dengan cara dipanaskan pada suhu tertentu kemudian didinginkan dalam proses penyulingan.Contoh: Pembuatan parfum dan air murni.
  4. Filtrasi adalah pemisahan campuran dengan cara disaring.Contoh: membuat minuman teh
  5. Dekantasi adalah pemisahan campuran zat padat dengan zat cair dengan cara menuangkannya pelan-pelan.Contoh: beras yang dicuci dengan air.
  6. Sublimasi adalah pemisahan dengan zat padat menjadi cair kemudian menjadi padat lagi dengan cara dipanaskan kemudian didinginkan.Contoh: membuat kapur barus.
  7. Absorbsi adalah pemisahan campuran dengan cara penyerapan.Contoh: menyerap air dari karpet menggunakan spon atau kanebo.
  8. Kromatografi adalah pemisahan campuran dengan menggunakan zat kimia sehingga terjadi pelarutan.Contoh: memisahkan baju dari cat atau pewarna.

Demikian Rangkuman materi online atau ringkasan online materi muatan pelajaran dalam buku paket tematik sekolah dasar ini dengan topik Materi (zat tunggal dan campuran serta cara memisahkannya). Semoga bermanfaat.





Cocokpedia
Cocokpedia Dapur Mikir

Post a Comment for "Rangkuman Materi (Ringkasan Online) Tematik tentang Materi (Zat)"