Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

US Online Pertama SDN Pangarangan 3 Sumenep

Dihapusnya Ujian Nasional (UN) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) RI memberikan ruang otoritas penuh terhadap daerah khususnya satuan pendidikan untuk menyelenggarakan Ujian Sekolah (US) secara mandiri untuk kelas VI sekolah dasar.

SDN Pangarangan 3 Kecamatan Kota Sumenep, Jawa Timur mengawali US dengan menyelenggarakan Ujian Sekolah secara Online (USO). SDN Pangarangan 3 Sumenep, satu-satunya sekolah dasar yang melaksanakan ujian sekolah secara online di Kabupaten Sumenep (mungkin se-Madura?).

Berita,Berita Terkini,ujian sekolah,us online,uso,gerakan literasi digital nasional,nadiem makarim,digital,pas,uas,ph,orbit,telkomsel,speedy,wifi,wi-fi,user,barcode,modem,portable,


Menurut pihak sekolah, sebenarnya tidak hanya pada US sekolah tersebut menyelenggarakan penilaian secara daring. Pada pelaksanaan penilaian lainnya seperti Penilaian Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS), Penilaian Akhir Semester (PAS) dan PAT juga dilaksanakan secara online.

Atas persetujuan dari Pengawas Sekolah c.q Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Selasa 17 Mei 2022, pelaksanaan US hari pertama berlangsung lancar sukses tanpa kendala. Keberhasilan tersebut tentu tidak mudah. Butuh proses panjang setidaknya satu tahun, menurut Kepala Sekolah SDN Pangarangan 3 (Pangga). 

Terkait mengapa harus dilaksanakan secara online? Kepala Sekolah, Zainal, S.Pd., menyampaikan bahwa sejalan dengan arahan Mas Menteri, Nadiem Makarim yakni Gerakan Literasi Digital Nasional sudah waktunya dilakukan efisiensi dan efektifitas penilaian. Kita tahu untuk menyelenggarakan Penilaian Manual setidaknya dengan jumlah murid yang banyak membutuhkan dana yang besar untuk pengadaan dan penggandaan soal serta administrasi lainnya. Sudah waktunya kita lakukan paperless, tegasnya.


Berita,Berita Terkini,ujian sekolah,us online,uso,gerakan literasi digital nasional,nadiem makarim,digital,pas,uas,ph,orbit,telkomsel,speedy,wifi,wi-fi,user,barcode,modem,portable,


Perangkat yang harus disediakan oleh sekolah untuk pelaksanaan penilaian Ujian Sekolah Online tersebut terutama ketersediaan modem dan barcode soal. Modem untuk memfasilitasi murid mendapatkan akses internet sedangkan barcode soal untuk menjaga kerahasiaan soal, demikian penjelasan lebih lanjut kepala sekolah Pangga.

Lebih lanjut Zainal, S.Pd., menuturkan bahwa dengan menyelenggarakan penilaian online tersebut skor dan analisis soal sudah secara otomatis terekam dengan valid.

Ada dua sumber wi-fi di SDN Pangarangan 3. Pertama, wifi sekolah. Wifi sekolah terdapat dua modem bersumber dari speedy access yang dishare terbuka untuk seluruh warga sekolah. Kedua, modem portable setiap kelas dengan menggunakan perangkat portable produk telkomsel yakni Orbit. Satu modem portable Orbit dapat menampung lebih dari 32 user.

Satu hal yang menarik yang disampaikannya yaitu bahwa untuk satu rim kertas (untuk pengganda soal) sama dengan menebang satu pohon yang sudah matang. Dengan US Online atau paperless kita telah menyelamatkan satu pohon.


Cocokpedia
Cocokpedia Dapur Mikir

Post a Comment for "US Online Pertama SDN Pangarangan 3 Sumenep"