Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Merdeka Belajar kepada Pohon

 

Adik-adik, belajar itu bisa kepada siapa saja dan apa saja karena Tuhan menciptakan segala sesuatu di dunia sangat serius dan penuh kasih sayang. Itu artinya segala sesuatu yang Tuhan ciptakan sangat berguna bagi yang mau menggunakan akal pikirannya. Tidak satupun yang Tuhan ciptakan itu sia-sia. Bukankah begitu?

Belajar dapat di mana saja dan kapan saja. Jangan lupa berniat untuk mendownload ilmu yang Tuhan sebarkan di dunia. Tak lupa pula ucapkan doa sebelum memulai belajar. Itu kita lakukan agar ilmu yang kita peroleh bermanfaat, berguna untuk kita oke?

Sumber PngWing


Belajar kepada Pohon

Mengapa harus belajar kepada pohon? Itu pertanyaan menarik. Sebelum kita ada di muka bumi pohon sudah lebih dulu ada. Itu artinya pohon dan tumbuh-tumbuhan adalah kakak kita. Sebagai adik kita harus menghormatinya dengan merawat, melindungi, tidak menyakitinya, apalagi menebangnya tanpa alasan mendesak.

Mengapa harus belajar kepada pohon? Bukankah pohon juga ciptaan Tuhan? Karena ciptaan Tuhan pasti pohon dapat memberikan ilmu yang bermanfaat. Apa yang dapat dipelajari dari pohon?

Pohon Suka Memberi

Tahukah kalian bahwa pohon lebih banyak memberi daripada meminta kepada manusia? Apa yang keistimewaan yang dimiliki pohon sehingga ia lebih suka memberi daripada menerima? Pohon memberikan kita oksigen setiap saat. Pohon juga memberikan kita persediaan air di dalam tanah. Persediaan air tersebut kemudian berupa sumur, sumber air, atau sungai. Bukankah hebat? Oksigen dan air adalah pemberian pohon yang sangat berharga bagi manusia dan hewan untuk bertahan hidup.

Coba pikirkan apalagi yang dapat pohon berikan kepada kita?  Pasti jawabannya banyak. Pohon tempat berteduh. Pohon dapat dimanfaatkan kayunya untuk bangunan rumah, pembuatan kertas, tempat rumah pohon, tempat bermain ayunan, tempat burung membuat sarang dan bertelur, dan sebagainya.

Pohon juga memberikan kita daun, bunga, serta buah. Bagian lainnya juga ia berikan seperti kulit dan akar untuk membuat jamu dan obat. Ada pula yang dijadikan bahan minuman, makanan, camilan, dan sebagainya. Bukankah pohon itu sangat kaya? Ia suka memberi.

Dapatkah kalian meniru sifat pohon dengan lebih suka memberi daripada menerima atau meminta?

Pohon Merasakan Sakit dan Mati

Oya, apakah menurutmu pohon juga butuh makan dan minum serta perawatan? Betul. Pohon juga butuh makan. Salah satunya makanan yang diberikan matahari berupa cahaya. Cahayanya menyentuh daun sehingga pohon dapat membuat makanannya sendiri. Pohon juga butuh minum dari hujan. Jika tidak ada hujan dibantu ya beri minum pohon! Pohon yang sakit juga butuh dirawat misal diberi pupuk.

Apakah pohon juga merasakan sakit? Tentu. Pohon juga bisa sakit. Misalnya ketika kalian memotong rantingnya atau merobek daunnya, pohon akan mengalami rasa sakit. Seandainya pohon bisa ngomong pasti sudah mengaduh. Apalagi ditebang, pasti ia sakit dan kemudian mati.

Renungkan

Nah, kita sudah belajar kepada pohon. Banyak ilmu yang kita peroleh. Sifat terbaik pohon yang perlu kamu tiru adalah ia suka memberi daripada meminta. Ia memberi lebih banyak daripada yang ia butuhkan.

Ucapkan terima kasih kepada Tuhan karena telah menciptakan pohon untuk kita. Terima kasih pula kepada pohon karena telah memberikan banyak air dan oksigen serta makanan untuk kita.

Nah, berikut ada pertanyaan. Kalian dapat menjawabnya di rumah bersama ayah dan bunda. Kalau menjawab di halaman ini juga boleh. Jawab saja di kolom komentar di bawah ya.

Apakah menurutmu pohon sangat berjasa untuk kehidupan?

Apa yang dapat kamu lakukan untuk melestarikannya?

Terus bagaimana menurutmu ketika ada orang atau sekelompok orang menebangi pohon hingga hutan gundul?

Apa yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi penebangan pohon secara liar?

Kata Kunci

Kata kunci yang perlu kalian cari untuk menambah banyak ilmunya adalah: klorofil, reboisasi, illegal logging.

 

ck; text-align:center;'/>
Cocokpedia
Cocokpedia Dapur Mikir

Post a Comment for "Merdeka Belajar kepada Pohon"