Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Bahasa Indonesia Fase B KURIKULUM MERDEKA

Berikut adalah materi untuk mata pelajaran BAHASA INDONESIA pada fase B untuk kelas 4 semester 2 tahun ini. Materi tersebut berdasarkan Capaian Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran pada Peraturan Kemendikburistek RI nomor 33/H/KR/2022.

Postingan ini juga sangat bermanfaat bagi walimurid sebagai pengguna layanan pendidikan untuk paham materi apa sebenarnya yang ada pada kurikulum anandanya.




Sebelum menyertakan materi BAHASA INDONESIA Fase B, ruangguru ingin menyampaikan kepada para guru khususnya walikelas dan guru mata pelajaran agar tetap berpegangan dengan Capaian Pembelajaran (CP) karena beberapa buku yang beredar ada yang tidak menunjuk ke arah materi yang diharapkan oleh CP.

Berikut adalah materi inti mata pelajaran BAHASA INDONESIA Fase B:

MENYIMAK 

4.1. 5 JP - Menyimak: Pelajar dapat memahami dan memaknai ragam teks fiksi dan non fiksi yang dibacakan langsung atau didengar dari media audio.

MEMBACA DAN MEMIRSA

4.2. 5 JP - Membaca dan Memirsa: Pelajar memahami kata-kata baru dari teks yang dibaca dan didengar serta dapat menggunakannya dalam percakapan lisan dan tulisan yang dibuatnya.

4.3. 5 JP - Membaca dan Memirsa: Mampu memaknai pesan dari sebuah informasi dalam berbagai sudut pandang. Memaknai pesan dari sebuah teks tidak selalu harus dari sudut pandang pesan moral, melainkan bisa apa saja. Teks yang dianggap tidak biasa atau tidak selalu mengandung pesan yang baik juga perlu dibaca oleh guru dan pelajar. Hal ini penting untuk mengasah kemampuan analitis dan berpikir kritis. Guru juga harus siap dan berpikiran terbuka dengan kemungkinan tanggapan yang beragam dari pelajar.

BERBICARA DAN MEMPRESENTASIKAN

4.4. 3 JP - Berbicara dan Mempresentasikan: Mampu mengemukakan ide dan tanggapannya dengan runtut dan jelas. Runtut dan jelas artinya: pemilihan kata yang lebih beragam namun tepat, mulai menggunakan kata atau istilah baku, struktur kalimat tepat dan lengkap.

4.5. 5 JP- Menyimak: Pelajar dapat memahami aturan yang lebih kompleks saat berpartisipasi dalam kegiatan kelompok besar (permainan, tim olahraga, kerja kelompok, cerdas cermat).

4.6. 5 JP - Membaca dan Memirsa: Pelajar mampu menemukan serta membandingkan persamaan dan perbedaan dari 2-3 teks fiksi/ non fiksi yang berbeda. Setelah memahami makna dan dapat mengidentifikasi unsur-unsur instrinsik dalam sebuah teks fiksi, maka keterampilan ini dapat ditarik ke tingkat yang lebih tinggi. pelajar diminta membandingkan 2-3 teks yang berbeda. Keterampilan ini dapat diajarkan bertahap, mulai dari membandingkan 1 unsur saja terlebih dahulu (misal, tokoh). Jika pelajar dianggap sudah mampu, dapat ditingkatkan menjadi lebih dari 1 unsur.

MENULIS

4.7. 4 JP - Menulis: Pelajar dapat membuat karangan naratif lengkap dengan bagian pembuka-tengah-penutup serta urutan peristiwa yang runut dan jelas.

4.8. 5 JP - Menyimak: Pelajar dapat memahami pesan yang terkandung dalam sebuah iklan televisi atau radio dengan benar.

4.9. 2 JP - Berbicara dan Mempresentasikan: Pelajar mampu menjadi anggota kelompok yang aktif, sportif, dan bertanggungjawab. pelajar dapat menjadi anggota kelompok yang berkontribusi sesuai tugasnya, menunjukkan inisiatif, bersedia menerima masukan, dapat menemukan solusi untuk permasalahan kelompok.

4.10. 3 JP - Berbicara dan Mempresentasikan: Mampu mempertahankan pendapat dan memberikan sanggahan dan berdasarkan data yang relevan. Data yang relevan dapat berasal dari pengalaman pribadi pelajar, pengetahuan yang telah dimiliki sebelumnya, informasi yang baru dibaca/didengar oleh pelajar, atau kombinasi ketiganya. Pendapat yang disampaikan pelajar adalah pendapat yang berdasar dan bukan sekadar meniru atau mengikuti perintah guru.

4.11. 5 JP - Menulis: Pelajar semakin mahir menulis tegak bersambung dengan benar serta dapat melakukan proses revisi secara mandiri.

4.1.2. 3 JP - Menulis: Mengenal konsep menyunting sebagai salah satu bagian dalam proses menulis dan dapat melakukannya secara mandiri. Proses menyunting tulisan sudah masuk ke dalam proses yang lebih kompleks sekaligus reflektif. pelajar mulai memaknai tulisannya sebagai produk yang utuh.


Demikian materi inti yang bapak ibu guru dapat kembangkan bersama anak-anak di kelas. Materi ini juga penting buat bapak ibu walimurid di rumah agar membantu anada menemukan materi belajar yang tepat.

ck; text-align:center;'/>

Post a Comment for "Materi Bahasa Indonesia Fase B KURIKULUM MERDEKA"