Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi PPKN Fase B KURIKULUM MERDEKA

Berikut adalah materi untuk mata pelajaran PPKN pada fase B untuk kelas 4 semester 2 tahun ini. Materi tersebut berdasarkan Capaian Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran pada Peraturan Kemendikburistek RI nomor 33/H/KR/2022.

Postingan ini juga sangat bermanfaat bagi walimurid sebagai pengguna layanan pendidikan untuk paham materi apa sebenarnya yang ada pada kurikulum anandanya.




Sebelum menyertakan materi PPKN Fase B (kelas 4) , ruangguru ingin menyampaikan kepada para guru khususnya walikelas dan guru mata pelajaran agar tetap berpegangan dengan Capaian Pembelajaran (CP) karena beberapa buku yang beredar ada yang tidak menunjuk ke arah materi yang diharapkan oleh CP.

Berikut adalah materi inti mata pelajaran PPKN Fase B (kelas 4):

Pancasila

Peserta didik dapat menghafal sila-sila Pancasila, dan menjelaskan makna sila-sila Pancasila, serta menceritakan contoh penerapan sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan perkembangan dan konteks peserta didik. Peserta didik juga dapat menerima tugas dan peran yang diberikan kelompok untuk melakukan kegiatan bersama-sama, mengenali kebutuhan diri sendiri yang memerlukan orang lain dalam pemenuhannya, dan memberi dan menerima hal yang dianggap berharga dan penting kepada/dari orang-orang di lingkungan sekitar.

4.1 Peserta didik menyusun urutan sila-sila Pancasila dan menguraikan makna setiap sila Pancasila serta menunjukkan penerapannya dalam kegiatan hidup sehari-hari.

4.2 Peserta didik menguraikan dan meyakinkan pentingnya kebersamaan dalam suatu kerja kelompok serta menerapkannya dalam kegiatan sehari-hari sebagai wujud pengamalan Pancasila.

4.3 Peserta didik memahami dan menyadari bahwa manusia saling membutuhkan dan harus saling memberi dan menerima satu sama lain, serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Peserta didik dapat mengidentifikasi beberapa aturan yang ada di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar; serta melaksanakannya dengan pantauan orang tua dan guru, dan mengidentifikasi hak dan kewajibannya sebagai peserta didik di sekolah, dan sebagai anggota keluarga di rumah. Peserta didik juga dapat menyampaikan pendapat di kelas, mendengarkan dengan seksama ketika temannya berbicara, serta menerima hasil keputusan bersama 

4.4 Peserta didik mengidentifikasi dan menguraikan aturan-aturan di rumah, di sekolah, di lingkungan sekitar, serta mematuhi dan melaksanakan aturan-aturan tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

4.5 Peserta didik mengidentifikasi dan menguraikan hak dan kewajiban di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar, mematuhi dan melaksanakan penuh tanggung jawab, dan membuat kesepakatan bersama di kelas dan bertanggung jawab untuk menaati dan melaksanakan kesepakatan bersama.

4.6 Peserta didik mengidentifikasi dan menguraikan pentingnya musyawarah dalam pengambilan keputusan bersama, menerima dan menghargai perbedaan pendapat dalam pengambilan keputusan bersama , serta menunjukkan dukungan atas keputusan bersama dan melaksanakan hasil keputusan bersama dengan penuh tanggung jawab.

Bhinneka Tunggal Ika

Peserta didik dapat mengenal identitas dirinya dan teman-temannya sesuai budaya, minat dan perilakunya, serta cara berkomunikasi dengan mereka, dan mengenali karakteristik fisik dan non-fisik orang dan benda yang ada di lingkungan sekitarnya, serta memahami hak dan kewajiban tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

4.7 Peserta didik mengidentifikasi dan menguraikan perbedaan karakteristik fisik dan non fisik, sosial, budaya, dan adat istiadat masyarakat di Indonesia, serta menunjukkan dukungan terhadap kebhinekaan. bahwa kebinekaan dapat memberikan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman dan pemahaman yang baru.

4.8 Peserta didik mengidentifikasi dan menguraikan identitas diri dan teman-temannya sesuai latar belakang budaya daerah asalnya

4.9 Peserta didik menganalisa dan menguraikan manfaat keragaman budaya, minat, dan perilaku individu sebagai sebuah kekayaan bangsa yang dapat memberikan pemahaman dan pengalaman yang berharga serta menunjukkan sikap syukur dan bangga akan hal tersebut.

Negara Kesatuan Republik Indonesia

Peserta didik dapat mengenal lingkungan rumah, sekolah, lingkungan (RT/RW/desa/kelurahan dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI, dan memahami arti pentingnya menjaga keutuhan.

4.10 Peserta didik memahami dan mendukung bahwa lingkungan rumah, sekolah, dan lingkungan masyarakat sekitar yang terdekat (RT/RW/Desa/ kelurahan dan kebersamaan dan persatuan sesame peserta didik di sekolah kecamatan) merupakan bagian dari wilayah NKRI, serta mampu menguraikan urutannya secara tepat.

4.11 Peserta didik mengetahui dan menjelaskan susunan dan fungsi desa/kelurahan dan kecamatan secara umum serta menyadari manfaat adanya desa/kelurahan sebagai bagian dari NKRI.

4.12 Peserta didik memahami dan menguraikan pentingnya menjaga dan memelihara kebersamaan dan persatuan di lingkungan sekolah sebagai sarana menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, serta menerapkannya dalam kegiatan sehari-hari di sekolah.


Demikian materi inti yang bapak ibu guru dapat kembangkan bersama anak-anak di kelas. Materi ini juga penting buat bapak ibu walimurid di rumah agar membantu anada menemukan materi belajar yang tepat.

ck; text-align:center;'/>

Post a Comment for "Materi PPKN Fase B KURIKULUM MERDEKA"